Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Khasiat Kelapa Hijau untuk Kesehatan

KOMPAS.com – Kelapa hijau merupakan kelapa yang masih muda dan belum matang sempurna. Dagingnya lebih sedikit, namun airnya yang menyegarkan dipercaya lebih sehat.

Daging kelapa hijau belum matang sempurna sehingga mengandung sebagian besar air. Inilah yang menyebabkan daging kelapa hijau terasa lebih lembut dan empuk.

Air dan daging kelapa hijau dikemas dengan elektrolit dan zat gizi mikro. Ketika kelapa matang, sebagian besar airnya akan menjadi daging dan kandungan nutrisinya pun berubah.

Khasiat kelapa hijau untuk kesehatan

Air dan daging kelapa hijau mengandung kalori, protein, karbohidrat, serat, mangan, tembaga, selenium, magnesium, fosfor, zat besi, kalium, dan sodium.

Dengan kandungan yang beragam, kelapa hijau menawarkan beberapa manfaat. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 3 khasiat kelapa hijau untuk kesehatan:

1. Kelapa hijau dapat mencegah dehidrasi

Air kelapa memiliki komposisi gula dan elektrolit yang mirip dengan larutan rehidrasi oral sehingga dapat digunakan untuk mengganti cairan yang hilang.

Sebuah penelitian yang melibatkan 8 pria yang bersepeda di kondisi panas menemukan, minum air kelapa hijau memungkinkan untuk berolahraga lebih lama dan mencegah dehidrasi.

2. Air kelapa hijau berpotensi menyehatkan jantung

Air kelapa hijau dapat membantu memperbaiki sindrom metabolik yang merupakan kondisi yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sindrom metabolik ditandai dengan tingginya tekanan darah, gula darah, trigliserida, dan kolesterol jahat.

3. Kelapa hijau kaya akan antioksidan

Daging dan air kelapa hijau kaya akan senyawa fenolik, yang merupakan senyawa antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan oksidatif.

Dalam penelitian tabung reaksi, air kelapa hijau mampu melindungi sel dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh hidrogen peroksida.

Vitamin dan mikronutrien dalam kelapa, seperti zinc, tembaga, mangan, dan selenium juga dapat mendukung sistem pertahanan antioksidan alami tubuh.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/10/08/133200823/3-khasiat-kelapa-hijau-untuk-kesehatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke