Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Virus, Sejarah Penemuan, dan Ciri-Cirinya

KOMPAS.com - Pernahkah Anda merasa penasaran sejak kapan sih manusia menyadari keberadaan virus? Atau sejak kapan ya virus dikenal?

Virus berasal dari kata virion yang berarti racun. Kita telah mengetahui berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, contohnya Covid-19, influenza, dan HIV.

Tahukah kamu apa itu virus dan bagaimana sejarah penemuannya?

Sejarah penemuan virus

Penemuan virus pertama kali dimulai tahun 1883 oleh Adolf Meyer. Saat itu terdapat penyakit yang menyebabkan bintik-bintik kuning pada daun tembakau. Penyakit ini kemudian dikenal dengan penyakit mosaik tembakau.

Namun, Meyer belum bisa mengidentifikasi patogen penyebab penyakit tersebut. Pada tahun 1892, Dmitri Ivanosky menemukan bahwa penyebab penyakit tersebut adalah patogen yang sangat kecil dan penghasil toksin atau racun.

Pada tahun 1897, seorang ilmuwan Belanda bernama Martinus Beijerinck meneliti perkembangbiakan patogen ini. Namun, yang dia temukan adalah patogen ini tidak dapat dikembangbiakan di cawan petri seperti bakteri.

Pada tahun 1935, ilmuwan asal Amerika bernama Wendell Meredith Stanley berhasil mengkristalkan patogen pada tumbuhan tembakau tersebut. Patogen itu diberi nama Tobacco Mosaic Virus (TMV).

https://www.kompas.com/sains/read/2021/09/24/070100223/virus-sejarah-penemuan-dan-ciri-cirinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke