Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Manfaat Air Bagi Manusia

KOMPAS.com - Air adalah bagian terpenting bagi kebutuhan manusia. Manusia sangat bergantung pada air, tanah, dan udara.

Udara merupakan sumber oksigen bagi metabolisme tubuh manusia. Sedangkan tanah, berfungsi sebagai tempat berpijak serta tempat tumbuhnya tanaman sebagai sumber makanan manusia.

Sebesar tiga perempat bagian tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itu, tidak ada manusia yang bertahan lebih dari 4 hari tanpa meminum air.

Manfaat air bagi manusia

Berikut adalah manfaat air bagi manusia.

1. Keperluan konsumsi

Manusia harus meminum air sebanyak 2 sampai 2,5 liter air untuk mencukupi kebutuhan harian. Selain untuk air minum, air juga diperlukan saat proses memasak.

2. Keperluan rumah tangga

Berbagai kegiatan rumah tangga juga memerlukan air. Beberapa kegiatannya adalah mandi, mencuci baju, mencuci piring, dan mengepel rumah.

3. Keperluan umum

Dalam kegiatan sosial, manusia juga memerlukan air untuk lingkungannya. Misalnya untuk membersihkan sarana umum, hiasan kota, dan tempat rekreasi.

4. Keperluan industri

Manfaat air untuk keperluan industri antara lain untuk pembangkit listrik tenaga air.

5. Keperluan pertanian dan peternakan

Air diperlukan untuk menyiram lahan pertanian yang ditanami berbagai sumber makanan nabati. Contohnya untuk menanam sayur-sayuran dan umbi-umbian.

Selain itu, hewan ternak yang merupakan sumber makanan hewani bagi manusia juga membutuhkan air untuk hidup. Contoh hewan ternak yang membutuhkan air antara lain ayam, sapi, domba, dan bebek.

6. Keperluan pengembangbiakan ikan

Sumber makanan hewani lainnya adalah ikan, udang, dan binatang air lainnya. Untuk membudidayakannya, maka penting untuk memiliki ketersediaan air yang cukup.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/09/18/130200123/6-manfaat-air-bagi-manusia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke