Salin Artikel

Mengapa Harus Mencuci Tangan Selama 20 Detik? Begini Penjelasan Ilmuwan

Namun untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, mencuci tangan tentu tak bisa dilakukan sembarangan dan seadanya.

Fisikawan telah menemukan metode mencuci tangan yang sempurna untuk membersihkan partikel bakteri dan virus, termasuk virus corona.

Mereka menemukan, bahwa dibutuhkan sekitar 20 detik untuk mengeluarkan partikel virus atau bakteri dari tangan kita. Ya betul, temuan ini sejalan dengan apa yang telah direkomendasikan oleh sebagian besar pakar kesehatan masyarakat.

Melansir Live scence, dalam penelitian yang telah diterbitkan, Selasa (16/8/2021) di jurnal Physics of Fluids, para peneliti menciptakan model matematika sederhana untuk mensimulasikan pergerakan partikel (seperti partikel virus atau bakteri) selama mencuci tangan.

Dalam model tersebut, tangan diwakili oleh dua permukaan kasar yang bergerak melewati satu sama lain (untuk meniru tangan menggosok bersama), dan dipisahkan oleh lapisan tipis cairan.

Model menunjukkan, bahwa partikel tertarik ke permukaan kasar, dan sejumlah energi diperlukan untuk memungkinkan partikel lolos ke dalam cairan.

Menurut peneliti, gerakan tangan yang lebih cepat menciptakan aliran cairan yang lebih kuat dan menghilangkan partikel dengan lebih mudah.

"Jika Anda menggerakkan tangan Anda terlalu lembut dan terlalu lambat terhadap satu sama lain, gaya yang diciptakan oleh aliran fluida tidak cukup besar untuk mengatasi gaya yang menahan partikel ke bawah," kata penulis studi Paul Hammond, konsultan ilmiah di Hammond Consulting Limited, Inggris, dalam sebuah pernyataan.

Hammond menyamakan situasi dengan menghilangkan noda dari kemeja, di mana gerakan mengucek baju yang lebih cepat akan menghilangkan noda dengan lebih mudah.

Dengan menggunakan perkiraan yang masuk akal untuk variabel, termasuk kecepatan gerakan tangan, model penelitian ini mengungkapkan bahwa dibutuhkan sekitar 20 detik untuk menyingkirkan partikel virus dan bakteri.

Hail penelitian ini senada dengan rekomendasi dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), yang menyarankan orang untuk mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, atau sekitar selama waktu yang diperlukan untuk menyanyikan dua kali lagu "Selamat Ulang Tahun".

Rekomendasi CDC tidak didasarkan pada pemodelan fisika, melainkan studi tentang tingkat mikroba yang tersisa di tangan setelah dicuci untuk jangka waktu tertentu.

Hammond mencatat, bahwa studi baru tidak memperhitungkan tindakan biologis sabun. Sabun tidak hanya membantu mengangkat kotoran dan kuman dari tangan, tetapi juga mengganggu membran yang mengelilingi partikel virus atau bakteri, sehingga menghancurkannya.

Peneliti berharap, penelitian di masa mendatang harus memperhitungkan "serangan kimia" dari sabun tangan yang dipakai, dengan latar belakang penelitian saat ini.