Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengatasi Demam pada Anak dan Orang Dewasa

KOMPAS.com – Demam terjadi ketika suhu tubuh naik di atas kisaran normal. Meski biasa terjadi, demam dapat menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman.

Penyebab demam yang paling umum adalah infeksi. Sebenarnya, demam merupakan cara tubuh untuk melawan infeksi tersebut.

Faktor-faktor lain yang menyebabkan demam di antaranya adalah peradangan, kanker tertentu, dan reaksi terhadap obat atau vaksin.

Di samping perawatan medis, ada beberapa cara mengatasi demam di rumah. Dilansir dari Medical News Today, 27 Januari 2021, berikut adalah cara mengatasi demam pada anak dan orang dewasa.

Cara mengatasi demam pada orang dewasa

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat demam, di antaranya adalah:

1. Minum banyak cairan

Selama demam, tubuh membutuhkan lebih banyak air untuk mengimbangi suhu yang meningkat. Jika tidak, hal ini dapat menyebabkan dehidrasi

2. Istirahat

Tubuh membutuhkan banyak energi untuk melawan infeksi. Saat terserang demam, seseorang haru beristirahat sebanyak mungkin agar cepat pulih.

3. Mandi air hangat

Mandi air dingin saat demam dapat menyebabkan tubuh menggigil dan suhu tubuh semakin meningkat.

Sebagai gantinya, gunakan air hangat untuk mandi saat demam. Mandi air hangat dapat juga menenangkan otot-otot yang lelah.

4. Tidak berpakaian tebal

Demam menyebabkan tubuh terasa panas. Memakai berlapis-lapis pakaian akan menyebabkan pans terperangkap pada tubuh sehingga suhu tubuh tak kunjung turun.

5. Minum obat pereda demam

Ada banyak obat-obatan pereda demam yang dijual bebas. Beberapa obat yang umum dikonsumsi saat demam adalah ibuprofen, parasetamol, dan naproxen.

Cara mengatasi demam pada anak-anak

Cara mengatasi demam pada anak-anak sebenarnya tidak terlalu berbeda. Namun, tetap ada perbedaan di antaranya.

1. Minum banyak cairan

Seperti orang dewasa, anak-anak juga butuh banyak cairan saat demam. Selain air putih, alternatif untuk mendapatkan cairan bisa dengan mengonsumsi jus buah dan sup ayam.

2. Istirahat

Penting untuk memastikan bahwa anak-anak beristirahat hingga suhu tubuhnya turun. Bantulah anak untuk tidur karena biasanya demam menyebabkan anak-anak sulit tidur.

3. Mandi air hangat

Jika memungkinkan untuk mandi, sebaiknya mandikan anak dengan air hangat. Sebagai alternatifnya, letakkan waslap hangat di dahi anak untuk membantunya meredakan demam.

4. Minum obat pereda demam

Salah satu obat pereda demam yang cocok untuk anak segala usia adalah asetaminofen. Di samping itu, hati-hati dalam memilih obat pereda demam untuk anak.

Beberapa obat tidak cocok untuk anak-anak, seperti aspirin yang tidak cocok untuk anak di bawah usia 16 tahun dan ibuprofen yang tidak cocok untuk anak di bawah usia 3 tahun.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/06/19/200200623/cara-mengatasi-demam-pada-anak-dan-orang-dewasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke