Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Hewan, Panda Ini Lebih Pilih Ngemil Bambu Dibanding Kawin

KOMPAS.com - Panda merupakan salah satu hewan menggemaskan yang jumlahnya di alam liar terancam punah.

Berbagai upaya konservasi untuk melestarikan keragaman genetik dan mengamankan generasi penerus terus dilakukan para ahli.

Namun sayangnya, panda harus berjuang untuk urusan seksual dan berkembang biak. Banyak di antara mereka yang lebih memilih mengunyah camilan dibanding kawin.

Dilansir IFL Science, Senin (31/5/2021), salah satu kebun binatang yang memiliki program konservasi untuk panda bahkan telah mencoba menampilkan panda lain dengan harapan bisa memancing gairah kawin.

Tak hanya itu, program inseminasi buatan atau bayi tabung pun telah dilakukan untuk membuat panda betina hamil. Belum beruntung, embrio yang dibuahi gagal berkembang.

Perjuangan itu juga dirasakan kebun binatang Kopenhagen. Dalam postingan yang dibagikan lewat Instagram, para penjaga kebun binatang berharap dua panda yang dikirim awal tahun ini bisa kawin dan berkembang biak.

Nama panda betinanya Mao Sun, sedangkan panda jantan Xing Er.

"Hanya dalam beberapa hari, kami memperkirakan kadar hormon panda betina telah turun drastis. Menunjukkan awal dari masa kawinnya," tulis kebun binatang dalam sebuah postingan di Instagram.

"Lalu kami segera membuka gerbang untuk membiarkan kedua panda bertemu. Tapi mereha hanya tertarik satu sama lain selama 2-3 hari dalam setahun. Kami tidak ingin terlambat dan melewatkannya, tetapi kami juga tidak ingin terlalu dini dan membuang energi mereka yang langka untuk kawin."

Kesempatan kecil untuk menyelamatkan spesies tetap harus dicoba.

Dalam video Instagram di bawah ini, tampak panda betina Mao Sun sedang berendam di kolam air sambil membersihkan diri.

Populasi panda

Saat ini ada sekitar 500-1.000 panda dewasa hidup di alam liar. Menurut jumlah tersebut, Daftar Merah IUCN mencantumkan populasi panda meningkat.

Jika Kebun Binatang Kopenhagen terus mengupayakan membuat sepasang panda di kebun binatang mereka kawin, kabar bahagia datang dari Ocean Park di Hong Kong.

Buah dari lockdown pandemi Covid-19 tahun lalu, di mana hewan bebas pengunjung, dua panda akhirnya kawin setelah satu dekade berusaha.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/06/02/200200123/video-hewan-panda-ini-lebih-pilih-ngemil-bambu-dibanding-kawin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke