Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Vitamin A bagi Tubuh, Bisa Mengobati Jerawat

KOMPAS.com - Vitamin A adalah vitamin larut lemak yang banyak terkandung di dalam makanan. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan penglihatan, sistem imun, dan reproduksi.

Kebutuhan vitamin A harian pada pria adalah 900 mikrogram (mcg), pada wanita 700 mcg, dan anak-anak membutuhkan 300-600 mcg.

Vitamin A terkandung dalam berbagai makanan dalam dua bentuk, yaitu preformed vitamin A dan provitamin A. Preformed vitamin A terkandung di berbagai produk hewani, seperti daging merah, ayam, ikan, dan produk susu.

Preformed vitamin A adalah bentuk aktif dari vitamin yang bisa langsung digunakan oleh tubuh dalam bentuk seperti itu. Komponen yang termasuk preformed vitamin A adalah retinol, retinal, dan asam retinoat.

Sedangkan provitamin A terkandung di dalam berbagai sumber nabati, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Komponen provitamin A adalah bentuk vitamin yang harus diaktifkan dahulu oleh tubuh sebelum digunakan. Bentuk komponen provitamin A antara lain alfa karoten dan beta karoten.

Dilansir dari Health Line, berikut adalah manfaat vitamin A bagi tubuh Anda.

Menjaga penglihatan

Vitamin A adalah nutrisi paling penting untuk kesehatan mata. Vitamin A berfungsi untuk mengubah cahaya yang diterima oleh mata menjadi sinyal listik yang mampu diterima otak.

Salah satu penyakit akibat kekurangan vitamin A adalah rabun senja atau nyctalopia. Ini merupakan kondisi dimana seseorang kesulitan untuk melihat pada malam hari atau pada kondisi yang gelap.

Rabun senja ini terjadi karena kurangnya asupan salah satu komponen vitamin A yaitu rhodopsin. Rhodopsin adalah pigmen pada retina mata yang sangat sensitif terhadap cahaya.

Menurunkan risiko kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang belum diketahui penyebabnya. Kanker ditandai dengan berkembangnya sel secara agresif pada bagian tubuh tertentu dan bisa menyebar ke seluruh tubuh.

Manfaat vitamin A adalah untuk memicu pertumbuhan sel baru di dalam tubuh. Fungsi ini akan mencegah sel kanker dan membuat yang berkembang adalah sel yang sehat saja.

Pada beberapa studi menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi beta karoten mampu menurunkan risiko kematian akibat kanker. Beberapa kanker yang diamati berkurang risikonya antara lain limfoma Hodgkin dan kanker paru.

Meningkatkan sistem imun

Vitamin A terlibat pada proses pembentukan sel darah putih, yang merupakan pemeran utama dalam sistem imun. Jika mengalami defisiensi vitamin A, tubuh akan lebih rentan sakit dan sakit lebih lama.

Mengobati jerawat

Jerawat adalah penyakit inflamasi pada kulit yang disebabkan tersumbatnya pori-pori oleh sebum, sel kulit mati, dan bakteri.

Vitamin A merupakan salah satu pilihan untuk mengobati jerawat. Vitamin A dalam bentuk retinol dan turunannya bekerja dengan mempercepat pergantian sel pada kulit sehingga mendorong semua sel kulit mati yang pori-pori yang tersumbat, untuk mendapatkan kulit baru yang lebih bersih.

Menjaga kekuatan tulang

Nutrisi utama untuk menjaga kekuatan tulang adalah protein, kalsium, dan vitamin D. Namun, kekurangan vitamin A menunjukkan keterkaitan dengan kesehatan tulang yang melemah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin A tinggi mampu mengurangi risiko fraktur hingga 6 persen.

Penting untuk reproduksi

Vitamin A bisa menjaga kesehatan reproduksi pada pria dan wanita. Kecukupan vitamin A pada pria berpengaruh pada kualitas produksi sperma. Sedangkan pada wanita, vitamin A memengaruhi kualitas sel telur dan kemampuan embrio menempel pada dinding rahim.

Selain pada ibu hamil, manfaat vitamin A adalah untuk mengoptimalkan pembentukan organ-organ penting pada janin, seperti sistem saraf, jantung, mata, dan paru-paru.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/06/02/140000123/manfaat-vitamin-a-bagi-tubuh-bisa-mengobati-jerawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke