Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gempa Hari Ini: M 5,5 Guncang Kepulauan Talaud akibat Aktivitas Subduksi Sangihe

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, bahwa episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 3,53 LU dan 126,70 BT.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, bahwa lokasi gempa bumi ini berada di laut pada jarak 62 kilometer arah Selatan Kota Melonguane, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 80 kilometer.

Kendati lokasi gempa bumi ini berada di laut, tetapi hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Ia berkata, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Sangihe-Talaud.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike slip)," kata Bambang.

Bambang menyebutkan, getaran akibat guncangan gempa bumi ini dirasakan di Tahuna dan Siau dengan skala intensitas II MMI. Di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," kata dia.

Sementara itu, hasil monitoring BMKG hingga pukul 17.40 WIB, Kamis (1/4/2021) belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Namun, masyarakat diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa dan  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa, yang membahayakan kestabilan bangunan, sebelum Anda kembali kedalam rumah.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucap dia.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/04/01/190300423/gempa-hari-ini--m-5-5-guncang-kepulauan-talaud-akibat-aktivitas-subduksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke