Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Halo Prof! Apa Penyebab Darah Istihadhah dan Bagaimana Menyembuhkannya?

KOMPAS.com - Keluarnya darah dari kemaluan wanita di luar waktu haid atau istihadhah sangat wajar untuk dikhawatirkan. Hal inilah yang membuat seorang pembaca Kompas.com bernama Irsyad H menanyakan kondisi istrinya ke Halo Prof!. Berikut pertanyaannya:

"Halo Prof, mohon maaf sebelumnya saya ingin menanyakan terkait darah istihadhah.

  1. Apakah istihadhah itu berbahaya, Dok?
  2. Apakah darah istihadhah pada umumnya keluar dengan deras atau biasa saja?
  3. Apabila deras bahkan lebih deras dari haid, kira-kira karena apa penyebabnya, Dok?
  4. Bagaimana cara penyembuhan ketika istri mengalami istihadhah?

Terima kasih atas perhatiannya, Dok."

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Muhammad Fadli, Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut paparannya:

Halo Bapak Irsyad H, terima kasih atas pertanyaannya, ya.

Menstruasi dianggap normal apabila perdarahan uterus (rahim) terjadi setiap 21-35 hari dan tidak berlebihan. Durasi normal perdarahan menstruasi adalah antara 2-7 hari.

Perdarahan uterus abnormal atau sering disebut darah istihadhah terjadi apabila frekuensi atau kuantitas perdarahan uterus berbeda siklus dari yang disebutkan sebelumnya. Wanita juga bisa saja mengalami bercak atau perdarahan di antara periode menstruasinya. Perdarahan uterus yang tidak normal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

International Federation of Obstetrics And Gynecology (FIGO) mengklasifikasikan etiologi yang mendasari perdarahan uterus abnormal dengan akronim PALM-COEIN. Bagian pertama, PALM, menjelaskan masalah struktural. Bagian kedua, COEI, menjelaskan masalah non-struktural. N berarti tidak diklasifikasikan atau tidak masuk kategori manapun.

P: Polyp (polip)
A: Adenomyosis (adenomiosis)
L: Leiomyoma (miom)
M: Malignancy (keganasan)
C: Coagulopathy (gangguan darah)
O: Ovulatory dysfuction (disfungsi ovulasi)
E: Endometrial (gangguan endometrium)
I: Latrogenik (latrogenik contohnya IUD, yaitu alat kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam organ kewanitaan
N: Not yet classified (tidak diklasifikasikan)

Berdasarkan gejala dan usia, beberapa pemeriksaan dapat dilakukan di klinik kebidanan dan kandungan terdekat. Sementara, pemeriksaan lainnya dapat dilakukan di rumah sakit atau pusat bedah:

Perdarahan rahim yang tidak normal merupakan masalah umum pada wanita usia reproduksi yang biasanya dapat diatasi dengan pembedahan atau terapi pengobatan. Pembedahan mungkin dapat memperbaiki penyebab struktural dari perdarahan abnormal. Jika tidak ada penyebab struktural, terapi medis seringkali dapat mengembalikan siklus menstruasi yang teratur.

Apapun penyebab perdarahan uterus abnormal, banyak perawatan yang tersedia saat ini yang dapat menjadi solusi. Sebaiknya ajak istri Bapak berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan tentang penanganan medis yang tepat.

Semoga jawabannya membantu ya, Pak. Terima kasih.

dr. Muhammad Fadli, Sp.OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

RS Pondok Indah – Pondok Indah

Punya pertanyaan terkait kesehatan yang membuat Anda penasaran? Kirimkan pertanyaan Anda ke haloprof17@gmail.com untuk dijawab oleh ahlinya.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/02/11/130046123/halo-prof-apa-penyebab-darah-istihadhah-dan-bagaimana-menyembuhkannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke