Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jejak Kaki Dinosaurus Berumur 220 Juta Ditemukan di Pantai Inggris

KOMPAS.com - Saat sedang berjalan-jalan di pantai Bendricks Bay dengan sang ayah, gadis kecil bernama Lily Wilder menemukan hal tak terduga.

Gadis berusia empat tahun ini melihat jejak kaki yang tak biasa pada sebuah batu. Jejak kaki itu memiliki kuku-kuku panjang.

Seperti dikutip dari BBC, Sabtu (30/1/2021), sang ayah yang mengetahuinya pun berinisiatif untuk segera melaporkan temuan itu kepada para ahli.

Benar saja, setelah dilihat dengan cermat, jejak kaki tersebut ternyata merupakan jejak dinosaurus.

Jejak kaki dinosaurus yang terawetkan dengan baik itu berusia 220 juta tahun.

Kurator paleontologi Museum Nasional Wales Cindy Howells menggambarkan jejak dinosaurus itu sebagai spesimen terbaik yang pernah ditemukan di pantai tersebut.

Jejak kaki itu memiliki panjang 10 sentimeter. Kemungkinan besar, itu adalah milik dinosaurus yang tingginya sekitar 75 sentimeter.

Namun para ahli tidak mengetahui pasti jenis dinosaurus apa yang meninggalkan jejak di sana.

Ahli berpendapat, jejak kaki itu milik dinosaurus dengan ukuran tubuh ramping, berjalanan dengan kedua kaki belakangnya, dan secara aktif berburu hewan kecil serta serangga.

Temuan menjadi menarik karena sebelumnya spesimen yang ditemukan di pantai Bendricks kebanyakan berupa reptil.

Lebih lanjut izin khusus harus dikeluarkan otoritas Wales supaya jejak kaki itu dapat dipindahkan secara legal. Jejak kaki dinosaurus tersebut rencananya akan dibawa ke Museum Nasional Cardiff untuk diawetkan.

Pengawetan yang spektakuler dapat membantu ilmuwan menjelaskan lebih banyak struktur kaki karena bantalan dan bahkan jejak cakar dapat terlihat lebih jelas.

Bendrick sendiri merupakan bentangan garis pantai antara Barry dan Sully yang terletak di Vale of Glamorgan, Wales. Wilayah tersebut merupakan situs paleontologi yang penting.

Kelompok Asosiasi Ahli Geologi Wales selatan bahkan menyebutnya sebagai situs terbaik di Inggris untuk melacak jejak dinosaurus pada Zaman Trias.

"Jejak kaki mungkin sulit terlihat karena banyak yang tertutup saat air pasang. Jadi lebih mudah untuk menemukan jejak kaki saat surut," ungkap asosiasi tersebut.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/01/30/180000023/jejak-kaki-dinosaurus-berumur-220-juta-ditemukan-di-pantai-inggris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke