Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Vaksin Sinovac Datang, Bagaimana Distribusinya? Ini Penjelasan Terawan

Namun, sebelum digunakan untuk vaksinasi masyarakat Indonesia, vaksin Covid-19 Sinovac ini akan dilanjutkan dengan proses mendapatkan izin penggunaan di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Hal ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto pada keterangan pers yang diselenggarakan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (7/12/2020).

"Pemerintah hanya akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinik," kata Terawan.

Program vaksinasi Covid-19 ini merupakan bentuk intervensi pemerintah dalam rangka menurunkan kesakitan dan kematian akibat infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Tidak hanya itu, kata Terawan, vaksinasi Covid-19 juga diharapkan akan dapat memutus mata rantai penularan atau transmisi Covid-19 di Indonesia.

Vaksin Sinovac datang, lantas kapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia?

Terawan mengatakan, setelah 1,2 juta dosis vaksin Sinovac dalam bentuk jadi hadir, pemerintah saat ini sedang menyiapkan rencana kedatangan vaksin tahap berikutnya.

"Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan dilaksanakan segera setelah vaksin Covid-19 mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM dalam rangka menjamin keamanan, kualitas, dan efikasi vaksin,"  ujarnya.

Selain itu, terkait kehalalan, saat ini masih dalam proses oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk fatwa halal vaksin Sinovac.

Jika nanti, EUA dari BPOM sudah resmi diberikan untuk vaksin Sinovac dan program pemberian vaksinasi sudah bisa dilaksanakan, maka setidaknya ada 5 poin dasar yang akan dilakukan hingga vaksin diterima oleh masyarakat.

1. Vaksin akan didistribusikan

Setelah program vaksinasi dapat dimulai, maka 1,2 juta vaksin yang telah tiba di tanah air akan didistribusikan kepada tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan di 7 provinsi di Pulau Jawa dan Bali.

2. Memperluas sasaran vaksinasi

Selanjutnya, seiring dengan kedatangan vaksin selanjutnya, sasaran vaksinasi akan diperluas ke tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang di 27 provinsi di luar Pulau Jawa dan Bali.

Sasaran vaksinasi kedua ini akan menggunakan 1,8 juta dosis dalam kemasan produk jadi, yang direncanakan akan tiba di bulan Januari 2021 mendatang.

3.  Pendistribusian bertahap

Ketersediaan vaksin Covid-19 di Indonesia ini dilakukan secara bertahap, bersamaan dengan itu, maka vaksin juga akan didistribusikan secara bertahap ke daerah-daerah.

Pendistribusian vaksin dilakukan secara berjenjang dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah kabupaten/kota.

"Kementerian Kesehatan telah menyiapkan jumlah sasaran dan kebutuhan vaksin per kabupaten kota. Selanjutnya dengan data tersebut, Tim Sistem Informasi KPCPEN, akan menyiapkan dalam bentuk data sasaran by name by address," jelasnya.

4. Vaksinator telah dilatih di seluruh Indonesia

Sejak sebelum vaksin Covid-19 tiba di tanah air, vaksinator yang menyuntikkan vaksin Covid-19 di seluruh Indonesia juga telah dilatih khusus oleh kementerian kesehatan.

5. Pendistribusian dengan prosedur CDOB

Terkait dengan pelaksanaan distribusi vaksin, dipastikan akan dilakukan sesuai dengan prosedur Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) dalam rangka menjamin kualitas vaksin hingga diterima oleh masyarakat.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/12/08/070500923/vaksin-sinovac-datang-bagaimana-distribusinya-ini-penjelasan-terawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke