Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mulai Malam Ini, Oposisi Neptunus Tampak di Langit Indonesia

KOMPAS.com - Menikmati akhir pekan, Anda bisa melihat ke langit dan mengamati fenomena berupa oposisi Neptunus yang mulai terjadi malam ini.

Oposisi Neptunus adalah konfigurasi ketika Matahari, Bumi dan Neptunus tampak segaris lurus dan Neptunus terletak pada posisi berlawanan arah terhadap Matahari.

Astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo menjelaskan bahwa oposisi Neptunus ini terjadj saat kedudukan Neptunus berlawanan arah terhadap kedudukan Matahari dilihat dari Bumi.

Sehingga Neptunus akan berada di atas ufuk sepanjang malam.

"Momen oposisi Neptunus sesugguhnya hanya akan terjadi pada Sabtu 12 September 2020 malam," kata Marufin kepada Kompas.com, Rabu (2/9/2020).

Namun secara teknis, sepanjang bulan September ini Neptunus akan nampak sepanjang malam.

Pengamatan terbaik hanya bisa dilakukan saat langit gelap dengan Bulan di antara kuartir ketiga hingga kuartir pertama siklus berikutnya.

"Sehingga hanya bisa dilakukan pada 10 sampai 24 September malam," ujarnya.

Adapun, pengamatan Neptunus membutuhkan alat bantu optik seperti teleskop, karena kondisi oposisi Neptunus ini cukup redup dengan magnitudo +7,8. Sehingga mustahil dilihat dengan mata telanjang.

Sedangkan, magnitudo kecerahan cahaya benda langit yang dapat dilihat dengan mata secara langsung setidaknya adalah +3, +2 atau seterusnya.

Sementara itu, berdasarkan analisis dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), oposisi Neptunus ini berlangsung pada tanggal 12 September 2020, pada pukul 03.00 WIB.

Dengan jarak Neptunus ketika terjadi opisisi ini adalah sebesar 28,92 SA atau 4,33 miliyar kilometer.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/09/12/182900923/mulai-malam-ini-oposisi-neptunus-tampak-di-langit-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke