Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Masa Depan Teknologi AI Ruang Angkasa Bermanfaat untuk Kemanusiaan, Kok Bisa?

KOMPAS.com- Perkembangan teknologi melalui sistem Artifitial Intelligence (AI) yang dimanfaatkan untuk mengisi ruang angkasa menjadi gebrakan penting bagi kehidupan manusia di Bumi.

Hal ini disampaikan oleh pensiunan perwira Angkatan Udara badan Amerika Serikat (NASA), Pamela Melroy dalam acara EmTech Asia 2020 yang diselenggarakan oleh Koelnmesse Pte Ltd dan MIT Technology Review, Rabu (5/8/2020).

Seperti diketahui, dalam perkembangannya teknologi akan sangat erat kaitannya dengan manusia, dan AI bisa menjadi sistem yang sangat menjanjikan.

Dalam tema Teknologi untuk Kemanusiaan, Pam menuturkan di masa depan, teknologi AI yang berkaitan dengan ruang angkasa akan sangat berharga untuk kepentingan umat manusia di Bumi.

"Di masa depan, ini (sistem AI) akan sangat penting untuk keperluan manusia sehari-hari, seperti prediksi cuaca," kata Pam.

Selain prediksi cuaca, sistem AI di ruang angkasa juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan informasi tentang prediksi cuaca, pertanian, arah angin, perkembangan iklim.

Hal ini sangat penting bagi masyarakat dunia, pemerintah dan juga oleh banyak industri untuk mencari tahu, mengantisipasi dan menganalisa terlebih dahulu terhadap berbagai potensi yang berpeluang terjadi di masa depan.

Terutama, mengenai hal-hal di masa depan yang berpeluang mengakibatkan dampak tidak baik bagi kehidupan manusia.

Selain itu, perkembangan dan inovasi dari data yang didapatkan oleh sistem akan membuat mitigasi dan berbagai inovasi akan lebih optimal diciptakan.

"Sistem nilai ruang angkasa juga penting untuk komunikasi keamanan nasional dan komunikasi global dengan negara lain," ujarnya.

Tidak hanya itu, kata dia, hal ini juga akan mampu mendorong pengaturan navigasi posisi yang sangat efektif untuk banyak aplikasi dan industri, yang banyak dipersonalisasikan oleh kebanyakan orang.

Maka dari itu, Pam menegaskan semua hal ini memiliki banyak faktor yang berkaitan setiap harinya antara kecanggihan teknologi AI dengan kebermanfaatannya di masa depan untuk kehidupan manusia.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/08/10/170200023/di-masa-depan-teknologi-ai-ruang-angkasa-bermanfaat-untuk-kemanusiaan-kok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke