Salin Artikel

Pertama Kali, Peneliti Temukan 37 Gunung Berapi Aktif di Venus

KOMPAS.com- Studi baru berhasil mengungkap satu lagi misteri planet Venus. Peneliti berhasil mengidentifikasi 37 struktur vulkanik yang aktif di planet tersebut.

Temuan ini pun membuktikan kalau Venus merupakan planet yang aktif secara geologis.

"Pertama kalinya kami dapat mengatakan kalau temuan ini bukan gunung berapi purba melainkan gunung yang aktif. Mungkin dorman tetapi tidak mati," ungkap Laurent Montési, peneliti dari University of Maryland, seperti dikutip dari Phys, Selasa (21/7/2020).

Lebih lanjut, studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Geoscience ini pada akhirnya mampu secara signifikan mengubah pandangan terhadap Venus sebagai planet yang hidup dan berevolusi dengan banyak gunung berapi aktif di dalamnya.

Para peneliti menyimpulkan temuan mereka setelah mempelajari struktur vulkanik yang disebut coronae atau korona.

Fitur ini tampak seperti kawah tumbukan dan terdapat bagian yang terangkat di sekitar kawah, sehingga terlihat seperti mahkota.

Struktur yang awalnya dikira kawah ini pun setelah dianalisis lebih dekat ternyata bersifat vulkanik.

Untuk memahami proses pembentukan korona, para peniliti menggunakan pemodelan secara numerik untuk mengetahui aktivitas termo-mekanik di Venus.

Pemodelan ini juga memungkinkan peneliti untuk menghasilkan simulasi resolusi tinggi 3D dari pembentukan korona.

Dengan mensimulasi evolusi korona dari waktu ke waktu, akhirnya tim dapat mengidentifikasi rentang usia korona, mulai yang sangat muda hingga yang baru saja aktif.

Termasuk juga menentukan perubahan yang dialami korona tersebut dari waktu ke waktu.

Setelah hasil simulasi dibandingkan dengan kondisi permukaan Venus terkini peneliti pun menemukan kalau setidaknya ada 37 korona atau struktur vulkanik yang aktif.

Korona tersebut terdapat di beberapa titik lokasi, menunjukkan area mana di planet yang paling aktif.

Penemuan ini menjadi kabar baik, sebab memberi petunjuk bagaimana interior planet bekerja. Dengan diketahuinya titik-titik tersebut, juga membantu misi di masa depan yang akan diluncurkan ke Venus menjadi lebih fokus.