Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

CDC Menambahkan 3 Gejala Baru Virus Corona, Salah Satunya Pilek

KOMPAS.com - Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC) AS menambahkan tiga gejala baru terinfeksi virus corona SARS-CoV-2, penyebab Covid-19.

Tiga gejala baru dari Covid-19 itu adalah hidung tersumbat atau pilek, mual, dan diare.

Ketiganya bergabung dengan daftar gejala Covid-19 yang sudah dipaparkan sebelumnya, yakni demam, batuk, sesak napas, kelelahan, sakit otot atau tubuh, sakit kepala, kehilangan atau sulit mencium bau dan mengecap rasa, panas dingin disertai menggigil, serta sakit tenggorokan.

Sehingga hingga saat ini, ada 12 gejala terinfeksi Covid-19.

"Daftar ini tidak mencakup semua gejala yang mungkin terjadi. CDC akan terus memperbarui daftar ini karena kami terus mempelajari tentang Covid-19," kata CDC seperti dilansir New York Post, Jumat (26/6/2020).

Seperti kita tahu, pemahaman terkait Covid-19 terus digali dan diselidiki, termasuk gejalanya.

Pada awal kemunculan Covid-19, para ahli mengatakan gejala dari penyakit ini adalah demam, batuk, dan sesak nafas. Ini adalah gejala paling umum.

Gejala dapat berkisar dari ringan hingga berat. Kebanyakan orang mulai mengalami atau menunjukkan gejala pada periode dua sampai 14 hari setelah terpapar SARS-CoV-2.

Pada bulan April, ahli menambahkan enam gejala baru Covid-19 ke dalam daftar.

Saat itu, gejala yang ditambahkan ke dalam daftar adalah panas dingin, badan gemetar berulang kali disertai menggigil, nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan kehilangan kemampuan mengecap rasa serta mencium bau.

"Orang tua lanjut usia dan orang-orang dengan penyakit bawaan seperti jantung, paru-paru, dan diabetes, berisiko lebih tinggi mengembangkan komplikasi yang lebih serius dari Covid-19," kata CDC memperingatkan.

"Tanda peringatan darurat dari Covid-19 biasanya termasuk sulit bernapas, nyeri di dada, cemas, ketidakmampuan untuk tetap terjaga, serta bibir atau wajah kebiruan," imbuh CDC.

"Jika seseorang menunjukkan tanda-tanda ini segera dapatkan perawatan medis darurat."

Menurut data Worldmeters, hingga siang ini ada lebih dari 9,7 juta kasus Covid-19 di seluruh dunia dan lebih dari 491 ribu orang meninggal dunia.

Indonesia sendiri mengonfirmasi lebih dari 50.000 kasus kemarin sore dan 2.620 di antaranya meninggal dunia.

Indonesia merupakan negara ke-9 di Asia dengan jumlah positif corona terbanyak, tepat di bawah China - negara pertama yang mengonfirmasi Covid-19.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/06/26/160200323/cdc-menambahkan-3-gejala-baru-virus-corona-salah-satunya-pilek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke