Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Rupa Modern Tokoh Sejarah Ratu Mesir Nefertiti hingga Mona Lisa

KOMPAS.com - Seorang seniman desain grafis, Becca Saladin, merekonstruksi penampilan tokoh-tokoh sejarah menjadi lebih kekinian.

Seniman berusia 29 tahun itu membagikan karyanya melalui akun instagram Royalty Now yang memiliki 193.000 pengikut.

Saladin merekonstruksi penampilan mulai dari tokoh yang dikenal penggambarannya dalam bentuk patung, seperti Nefertiti, hingga yang berbentuk lukisan, seperti Monalisa. Penampilan para tokoh tersebut diubah menjadi trendi.

"Saya pikir melakukan hal seperti ini sangat menyenangkan. Tak hanya itu, saya juga berpikir, penting untuk mengenali mereka (para tokoh jaman dulu) sebagai orang nyata, bukan hanya sekedar tokoh dalam cerita yang kita kenal. Saya rasa, dengan melihat mereka sebagai orang yang lebih modern maka akan memanusiakan mereka,” kata Saladin seperti dilansir dari IFL Science, Minggu (10/5/2020).

Melakukan perubahan pada tokoh-tokoh tersebut dilakukan Saladin dengan memilih foto dasar yang diperkirakan memiliki sesuatu yang mirip dengan cara berpakaian dan rambut masa kini yang cocok dengan mereka. Kemudian melalui Photoshop dirinya melakukan perubahan tersebut.

Waktu pengerjaan bergantung pada seberapa rumit hasil karya aslinya, terkadang bisa berjam-jam. Menurutnya, rekonstruksi berbentuk patung memakan waktu paling lama.

Berikut 14 tokoh sejarah yang penampilannya berhasil diubah oleh Saladin:

1. Tutankhamun

Namun kini penampilannya terlihat seperti seorang anggota boyband berkat hasil rekonstruksi oleh Saladin. Gambar Tutankhamun ini dibuat dengan kerjasama seniman forensik Elisabeth Daynes.

"Karya ini menjadi favorit saya. Ini diciptakan pada tahun 2005, di mana dua tim ditugaskan untuk melukiskan kembali seperti apa penampilan Raja Tut," katanya.

2. Ratu Mesir Nefertiti

Patung ini telah menunjukkan Nefertiti sebagai salah satu ratu paling terkenal dari Mesir Kuno dan menjadi simbol kecantikan wanita.

3. Elli's Venus

4. Genghis Kahn

Genghis Khan dikenal sebagai pemimpin kejam yang bertanggungjawab atas jutaan kematian selama abad ke-12.

Semasa dia hidup, Genghis Khan melarang siapapun melukis atau membuat patung mirip dirinya.

“Mirip dengan penggambaran Cleopatra, ada deskripsi yang berbeda tentang pewarnaannya. Ada beberapa klaim tentang Genghis Khan. Ada yang mengatakan, dia memiliki rambut warna merah dan mata warna hijau, yang lain mengklaim dia memiliki bentuk wajah mirip dengan masyarakat Asia Timur saat ini,” kata Saladin.

5. Abraham Lincoln

Lincoln memimpin AS keluar dari perang saudara, mempertahankan persatuan bangsa, dan menghapuskan perbudakan hingga memodernisasi ekonomi AS.

6. Benjamin Franklin

7. Mona Lisa

8. Henry VIII

9. Anne Boleyn

10. Ratu Elizabeth I

11. Julius Caesar

12. Alexander Agung

"Aku melakukan penelitian pada penampilannya dan sejarah mencatat dia memiliki rambut keriting emas dan heterokromia (satu mata berwarna biru dan satu mata cokelat ), jadi dia pasti sosok yang mencolok," kata Saladin.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/11/090000623/begini-rupa-modern-tokoh-sejarah-ratu-mesir-nefertiti-hingga-mona-lisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke