Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

NASA Akan Selidiki Asteroid Penuh Kandungan Emas

KOMPAS.com - Asteroid bernama 16 Psyche berhasil menarik perhatian banyak pihak. Pasalnya asteroid dengan diameter sekitar 225 km ini punya kandungan emas yang bernilai hingga 15,8 kuadriliun dollar AS.

Selain mengandung emas, asteroid yang juga dijuluki asteroid emas (gold asteroid) ini juga menyimpan logam berharga lainnya seperti platinum, besi, dan nikel dalam jumlah besar.

Kini badan antariksa NASA berniat mengirimkan misi untuk menyelidiki asteroid tersebut. NASA bahkan dikabarkan meminta bantuan Elon Musk, pemilik dari perusahaan roket SpaceX, untuk membantu keberhasilan tersebut.

Namun meski nantinya wahana luar angkasa tak berhasil mencapai asteroid, itu bukan hal yang utama. Sebab saat ini NASA tak berniat untuk menambang 16 Psyche.

NASA mengungkapkan jika perjalanan itu hanyalah sebuah misi penelitian untuk memeriksa dari apa asteroid terbuat. Misi Psyche juga akan menjadi misi pertama NASA menyelidiki asteroid yang punya kandungan logam.

"Asteroid itu unik karena sebagian besar terbuat dari inti besi nikel yang terpapar yang membentuk awal mula planet," jelas NASA dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip dari BBC, Kamis (12/3/2020).

16 Psyche ditemukan di sabuk asteroid, antara Mars dan Jupiter. Peneliti percaya jika asteroid tersebut selamat dari tubrukan antar planat yang umum terjadi ketika Tata Surya terbentuk.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, SpaceX dan NASA akan meluncurkan wahana luar angkasa tanpa awak dari Cape Canaveral di Florida pada 2020. Sementara wahana luar angkasa diperkirakan akan tiba di asteroid emas pada 2026.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/20/200200223/nasa-akan-selidiki-asteroid-penuh-kandungan-emas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke