Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Pertanyaan Anak tentang Corona dan Bagaimana Menjawabnya

KOMPAS.com – Virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19 menjadi pusat perhatian dunia saat ini. Selain orang dewasa, Covid-19 juga menjadi kekhawatiran anak karena berdampak langsung pada mereka.

Mulai dari menambah frekuensi cuci tangan, mengenakan masker, sampai sekolah yang diliburkan.

Mengutip Live Science, berikut 9 pertanyaan paling umum seputar corona dan Covid-19 yang biasa ditanyakan anak-anak sekaligus jawabannya.

1. Apa itu virus?

Virus adalah sebuah bakteri yang sangat kecil, lebih kecil dari apapun yang bisa kamu lihat. Virus bisa membuat kita sakit. Mereka tidak bisa hidup begitu saja, makanya mereka hidup di badan kita.

2. Apa itu corona?

Virus corona memang sedang banyak dibicarakan orang dewasa. Jadi, corona adalah virus jenis baru yang sedang menyebar ke seluruh dunia. Dinamakan corona karena merupakan bahasa Latin dari “crown” atau mahkota. Sepintas, virus ini memang tampak seperti mahkota kalau dilihat dari mikroskop.

3. Dari mana virus corona berasal?

Virus corona pertama kali muncul di sebuah kota di China, yaitu Wuhan, pada Desember lalu. Tapi ilmuwan di dunia percaya kalau corona dihasilkan dari kelelawar. Dari kelelawar, virusnya masuk ke tubuh hewan lain, yang akhirnya menular ke manusia.

4. Bagaimana virus corona masuk dalam badan kita?

Virus corona masuk ke dalam tubuh manusia lewat sel-sel. Ingat bentuk virus corona yang seperti mahkota, penuh dengan semacam duri? Duri itu digunakan untuk “membuka” sel pada tubuh manusia, sehingga virus itu bisa masuk. Begitu masuk ke dalam sel manusia, virusnya membelah diri dan bertambah banyak. Kemudian, kita jadi sakit karenanya.

5. Bagaimana cara virus corona membuat kita sakit?

Virus membuat kita sakit dengan membunuh sel-sel baik. Virus corona masuk lewat hidung dan paru-paru, dan berkembang biak di situ. Kalau virus di paru terlalu banyak, kita jadi tidak bisa bernapas. Beruntung, tubuh kita punya “pahlawan” untuk memerangi virus yaitu imun. Ketika virus masuk ke dalam tubuh, imun langsung menyerang virus tersebut. Kalau kamu demam atau sakit kepala, itu adalah saat imun kamu berperang melawan virus.

6. Apa yang bisa aku lakukan untuk menolong?

Kamu bisa menolong dengan cara mencuci tangan. Cuci tangan menggunakan sabun dan lakukan dengan benar. Kamu bisa sambil menyanyi lagu ABC dan satu lagu lain. Kemudian, jangan sentuh wajah kamu. Jangan menggosok hidung atau memasukkan tangan ke dalam mulut.

7. Haruskah aku khawatir?

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Orang dewasa akan berusaha sebaik mungkin untuk menjaga mereka dan anak-anak kecil agar tidak terkena virus corona. Menurut penelitian, anak-anak memang jarang terkena virus corona.

8. Bolehkah aku bermain dengan teman?

Sepertinya agak sulit sekarang untuk kamu bermain dengan teman. Tapi pada beberapa waktu, kamu bisa video call jika mau. Kamu bisa tetap mengobrol walaupun tidak tatap muka.

9. Kapan penyebaran virus ini berakhir?

Sejujurnya orang dewasa dan ilmuwan pun belum tahu pasti. Tapi yang jelas, virus butuh waktu berbulan-bulan untuk menyebar ke seluruh dunia. Tapi bukan berarti kota tempat tinggal kita akan menyebar separah itu. Nanti akan ada vaksin dan pengobatannya, para ilmuwan sedang berusaha untuk itu.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/16/180302323/9-pertanyaan-anak-tentang-corona-dan-bagaimana-menjawabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke