Hikmah Ramadhan: Arab vs Israel, Ironi Dua Saudara

Kompas.com - 12/05/2021, 04:00 WIB
Peta Arab Saudi. ShutterstockPeta Arab Saudi.

KONFLIK Arab versus Israel adalah konflik abadi. Dengan episentrum masalah Palestina, temperatur panas Timur-Tengah tak turun-turun, bahkan ikut membuat seluruh bumi terbakar.

Timur Tengah menjadi padang pertempuran yang terus membara. Berulang kali, bertahun-tahun, bahkan berpuluh-puluh tahun, kata damai menjadi barang yang sangat mahal.

Kalau ditambah lagi dengan sejarah masa lampau, rasanya ribuan tahun konflik di Timur-Tengah sudah membatu, sangat sulit mencair. Inilah bila dua “saudara” terlibat konflik: berkepanjangan, kronis, berdarah-darah, tak ada yang mau mengalah.

Arab dan Israel sesungguhnya teramat dekat pertalian saudaranya. Mari kita urutkan asal-muasal mereka.

Baca juga: Hikmah Ramadhan: Piramid, Tempat Firaun Melihat Tuhan?

Keberadaan bangsa Arab tampaknya lebih awal. Bangsa Arab dapat dipilah menjadi dua, yaitu Arab al-ba’idah, yakni bangsa Arab yang telah punah.

Misalnya kaum Ad (umat Nabi Hud) dan Tsamud (umat Nabi Saleh). Kaum Ad diidentifikasi di sekitar Yaman, sedangkan Tsamud di Hijr atau Madain Saleh atau Hegra, sekitar 400 kilometer arah barat laut Madinah Lalu Arab al-baqiyah yaitu golongan Arab yang tidak punah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelompok ini terbagi dua lagi, yaitu Arab al-aribah (asli) dan Arab al-musta’ribah atau al-muta’arribah atau campuran (Khalil, 2006).

Periode Arab al-aribah merupakan keturunan Qahtan atau Yoktan, putra Eber (Heber atau Abir), keturunan Nabi Nuh. Ada pendapat menyebutkan Eber atau Abir adalah Nabi Hud.

Hud berasal dari Arab. Sebuah riwayat dari Abu Dzar bahwa rasul yang berasal dari bangsa Arab, adalah Hud, Saleh, Syu’aib, dan Muhammad (HR Ibnu Hibban).

Arab al-musta’ribah adalah anak-cucu Nabi Ismail (putra Nabi Ibrahim) yang telah bercampur dengan Arab al-aribah. Nabi Ismail menikah dengan perempuan Bani Jurhum, yang disinyalir keturunan Jorham (Hadhram) dari garis Qahtan.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.