Hikmah Ramadhan: Integritas

Kompas.com - 23/05/2020, 04:46 WIB
Ilustrasi masjid - Masjid Raya Xian yang merupakan masjid tertua di Xian, China. Masjid dibangun pada masa Dinasti Tang. SHUTTERSTOCKIlustrasi masjid - Masjid Raya Xian yang merupakan masjid tertua di Xian, China. Masjid dibangun pada masa Dinasti Tang.

RAMADHAN kali ini mengingatkan kembali kultum yang pernah disampaikan oleh cendekiawan muslim, Haidar Bagir, bertema integritas.

Haidar menyebut, sejatinya integritas merupakan sifat asal manusia, di mana kadarnya dapat terkikis seiring perjalanan hidup.

Ramadhan dapat menjadi momentum untuk mengembalikan sifat tersebut menjadi yang paling dominan dalam diri.

Fitrah sebagai modal

Dalam ajaran islam, ibadah di bulan Ramadhan yang dilakukan secara ikhlas dan mengharap ridho Tuhan, akan membuat kita kembali fitrah atau penuh. Pengertian penuh didasarkan pada dua hal.

Baca juga: Hikmah Ramadhan: Jangan Terserah, Jangan Menyerah!

Pertama, sebelum ditiupkan ruhnya ke jasad di dalam kandungan, manusia sudah berikrar akan adanya Tuhan sebagai sumber hidup dan pemelihara.

Itu sebabnya dalam bahasa Arab, kafir bukan berarti tidak percaya, melainkan menutupi benih kepercayaan kepada Tuhan yang ada dalam hatinya.

Hal serupa juga pernah disampaikan oleh Prof Quraish Shihab dalam salah satu ceramahnya. Beliau menyebut bahwa beragama (menyembah Tuhan) merupakan kebutuhan dasar seseorang yang dalam praktiknya paling bisa dikesampingkan.

Nurani manusia dapat secara terus menerus menolak kebutuhan tersebut, demi bisa berbuat salah.

Namun saat terjadi musibah atau saat seseorang harus menanggung konsekuensi terhadap kejahatan yang dilakukan, kebutuhan beragama kembali menguat.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar