Apakah Bayi Lahir dan Orang yang Baru Meninggal di Malam Idul Fitri Harus Dizakati?

Kompas.com - 22/05/2020, 16:51 WIB
Organisasi Akatsuki Afkar di Lumajang bagi-bagi zakat fitrah ke para lansia di Lumajang, Jawa Timur. Organisasi Akatsuki AfkarOrganisasi Akatsuki Afkar di Lumajang bagi-bagi zakat fitrah ke para lansia di Lumajang, Jawa Timur.

KOMPAS.com - Di antara kewajiban umat Islam di bulan Ramadhan selain berpuasa adalah mengeluarkan zakat fitrah.

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat Islam, baik laki-laki, perempuan, dewasa, maupun anak-anak sebagai bentuk santunan kepada fakir miskin.

Membayar zakat fitrah berfungsi sebagai penyempurna ibadah puasa seseorang, seperti yang dijelaskan dalam hadis berikut:

"(Puasa) di bulan Ramadhan digantungkan di antara langit dan bumi, tidak diangkat menuju Allah kecuali dengan zakat fitrah," (HR Ad-Dailami)

Baca juga: Bolehkah Beras Pemberian Zakat Digunakan untuk Berzakat?

Dalam Fathul Qarib, Muhammad bin Qasim al-Ghazi mengatakan, ada tiga kondisi yang mengharuskan seseorang untuk membayar zakat fitrah.

Pertama, beragama Islam. Kedua, menjumpai waktu wajibnya zakat fitrah, yaitu akhir bulan Ramadhan dan awal dari bulan Syawal. Ketiga, memiliki makanan pokok di luar dari kebutuhannya adan keluarganya saat hari raya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas, apakah bayi yang baru lahir dan orang yang baru meninggal setelah terbenamnya matahari terakhir Ramadhan wajib dizakati?

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengatakan seseorang terbebani kewajiban zakat fitrah jika menemui waktu wajibnya zakat fitrah.

Dalam hal ini, waktu wajib dalam membayar zakat fitrah adalah saat matahari terbenam di akhir Ramadhan menuju Idul Fitri.

"Kalau orang meninggal sebelum menemui waktu wajib itu, ya belum kena (kewajiban zakat fitrah)," kata Anwar saat dihubungi Kompas.com, Jumat (22/5/2020).

Baca juga: Bagaimana Hukumnya jika Lupa Tidak Mengeluarkan Zakat Fitrah?

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.