Hikmah Ramadhan: Etika dan Kepedulian Sosial di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 19/05/2020, 04:00 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.

Oleh Zainun Nasihah Ghufron*

ETIKA secara normatif merupakan keharusan atau kewajiban seseorang untuk berfikir dan bertindak berlandaskan fondasi rasional. Sementara kepedulian adalah sebuah sikap yang lahir dari panggilan etik yang bersumber dari dasar naluri kemanusiaan.

Panggilan keberadaban ini men-delete sejumlah sikap arogansi, kultus individu, dan sikap sikap asosial, lalu menumbuhkan empati terhadap sesama penduduk bumi.

Naluri dasar kemanusiaan ini tidak pernah memilih warna kulit, perbedaan gender, agama dan perbedaan lainnya.

Ia tumbuh mengalir menyapa setiap entitas tak ubahnya angin berembus tanpa bertanya ras dan golongan. Karena secara natural kepedulian merupakan tabiat yang dimiliki oleh manusia.

Baca juga: Hikmah Ramadhan: Hakikat dan Keutamaan Ramadhan di Situasi Pandemi

Terkait dengan situasi pandemi Covid-19, memunculkan deretan pertanyaan, di manakah negara, para miliuner? Tanyakan juga pada diri kita, apa yang sudah kita perbuat?

Seberapa signifikan upaya-upaya yang dilakukan oleh institusi yang berbasis organisasi sosial keagamaan dan kemasyarakatan? Institusi kepemudaan? Kelompok pejuang gender equality? Janji-janji para politisi?

Sudahkah ditunaikan utang kemanusiaan kita terhadap sesama? Agama apa pun memiliki konsep agar penganutnya sadar terhadap realitas sosial, yang disebut dengan kewajiban beramal saleh.

Sebut saja Islam, dengan aturan syariat yang mewajibkan zakat, infaq, shodaqoh, dan seterusnya terhadap asnaf-asnaf yang telah ditentukan.

Karena beragama bukan terhenti pada ikhtiar membangun hubungan vertikal dengan Tuhan, tetapi poin terbesarnya adalah membangun hubungan horizontal terhadap sesama manusia dan alam.

Baca juga: Hikmah Ramadhan: Pemimpin dan Amanah

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar