Hikmah Ramadhan: Manusia dan Bumi Restart Ulang

Kompas.com - 18/05/2020, 21:32 WIB
Ilustrasi Bumi PixabayIlustrasi Bumi

BANJIR besar di zaman Nabi Nuh bisa jadi proses penyucian bumi. Allah telah membinasakan orang-orang tak beriman, kecuali Nuh dan keluarganya beserta orang-orang beriman.

“Kemudian Kami menyelamatkannya Nuh dan orang-orang yang bersamanya di dalam kapal yang penuh muatan. Kemudian setelah itu Kami tenggelamkan orang-orang yang tinggal.” (QS Asy-Syuara: 119-120).

Pascabanjir besar, kehidupan dunia memasuki fase kedua. Bumi restart lagi. Keturunan Nuh menjadi muasal kelanjutan umat manusia di bumi, sehingga Nuh menjadi bapak manusia, setelah Adam pada fase pertama.

Baca juga: Hikmah Ramadhan: Hakikat dan Keutamaan Ramadhan di Situasi Pandemi

Tiga anak Nuh selamat karena ikut naik kapal. Mereka adalah Yafits, Sam, dan Ham. Satu anak Nuh yang menolak naik ke kapal lenyap ditelan banjir. Menurut Ibnu Katsir dalam Qashashul Anbiya, namanya Yam atau Kan’an.

Setelah banjir surut kapal Nuh berlabuh di Gunung Judi (QS Hud: 44). Di situlah dibangun perkampungan yang diberi nama Tsamanin.

Lokasi ini diidentifikasi di wilayah Turki bagian timur di sekitar perbatasan Suriah dan Irak. Ada juga yang mengidentifikasi di sekitar Gunung Ararat, dekat perbatasan Armenia.

Ketiga anak Nuh pun bermigrasi, menyebar menjadi bangsa-bangsa di dunia. Sam adalah bapak orang Arab, Ham adalah bapak orang-orang Habasyah, dan Yafits adalah bapak orang-orang Romawi (HR Ahmad).

Dari keturunan mereka menyebar bangsa-bangsa lain. Sam melahirkan Arab dan Persia. Ham menurunkan Mesir, Sudan, Barbar. Keturunan Yafits ke Turki, Sisilia, Ya’juj dan Ma’juj hingga ke timur.

Baca juga: Hikmah Ramadhan: Pemimpin dan Amanah

Meningkatnya populasi dan proses migrasi, membuat manusia semakin tersebar jauh dari titik pangkalnya.

Bangsa-bangsa terus bermunculan. Istilah bangsa merujuk sekelompok manusia dengan ikatan identitas, yang menurut indonesianis dan ilmuan politik Ben Anderson (1983) merupakan komunitas yang dibayangkan (imagined communities).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar