Iktikaf di Masjid dan di Rumah, Mana yang Lebih Afdol?

Kompas.com - 17/05/2020, 13:03 WIB
Ilustrasi: Warga membaca Al Quran di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (20/8/2010). Ramadhan dipergunakan sebaik-baiknya oleh umat Islam untuk mencari pahala, antara lain dengan membaca Al Quran, beriktikaf, dan shalat tarawih.  KOMPAS/AGUS SUSANTO Ilustrasi: Warga membaca Al Quran di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (20/8/2010). Ramadhan dipergunakan sebaik-baiknya oleh umat Islam untuk mencari pahala, antara lain dengan membaca Al Quran, beriktikaf, dan shalat tarawih.

KOMPAS.com - Memasuki 10 hari terakhir Ramadhan selalu identik dengan pelaksanaan iktikaf. Terlebih Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk mencari malam lailatul qadar di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Hal ini seperti sabda Rasulullah: "Carilah malam lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadhan." (HR. Imam Bukhari).

Namun, situasi yang terjadi seperti saat ini menuntut umat Muslim harus berpikir dua kali untuk melaksanakan iktikaf di masjid.

Pasalnya, pemerintah melalui Kementerian Agama mengimbau untuk kerja dari rumah, beribadah di rumah dan sekolah dari rumah selama pandemi.

Baca juga: Bolehkah Makan dan Minum Sebelum Shalat Idul Fitri?

Lantas, lebih afdol mana antara pelaksanaan iktikaf di masjid atau di rumah saja?

Lebih baik di rumah

Ustaz Maulana mengatakan, sejatinya, iktikaf lebih baik dilaksanakan di masjid karena iktikaf itu sendiri memiliki arti berdiam diri di masjid.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pendapat ini didasarkan pada dalil firman Allah SWT di dalam Al Quran: "Sedang kamu beriktikaf di dalam masjid." (Surat Al Baqarah ayat ke 187).

"Iktikaf kan artinya berdiam diri di masjid dengan syarat-syarat tertentu semata-mata niat beribadah kepada Allah SWT," katanya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (17/5/2020).

Namun, apabila terjadi sesuatu hal yang mengancam keselamatan umat Muslim seperti pandemi Covid-19 saat ini, iktikaf lebih baik dilakukan di rumah.

Baca juga: Muhammadiyah Keluarkan Tuntunan Shalat Idul Fitri di Tengah Pandemi Corona, Simak Perinciannya...

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.