Hikmah Ramadhan: Pemimpin dan Amanah

Kompas.com - 16/05/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi KOMPASIlustrasi

Oleh M Subhan SD*

LANGIT yang begitu luas enggan menerima amanah tatkala ditawari oleh Allah. Bumi yang kokoh pun tidak berani menerimanya.

Gunung yang besar-besar juga tak bernyali. Hanya manusia yang berani menerima tantangan itu.

Langit, bumi, gunung menolak amanah bukan karena ingkar kepada Sang Pencipta tetapi mereka merasa tidak sanggup untuk memikulnya. Manusia-lah makhluk pemberani di semesta ini.

Kontrak politik manusia itu terbaca jelas: “Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia…” (QS Al-Ahzab: 72).

Baca juga: Hikmah Ramadhan: Peradaban Bangsa

Amanah adalah sebuah otoritas, mandat, kepercayaan. Maka amanah berteman dengan sifat-sifat dapat dipercaya, kejujuran, tanggung jawab, adil.

Amanah akan bermusuhan dengan sifat khianat dan menusuk dari belakang. Maka, amanah itu sesungguhnya betapa berat.

Tak heran dalam tradisi Islam para pemimpin sejati banyak yang menolak diberi amanah. Ketika disodori jabatan, bukan kegirangan, tetapi kemurungan yang tampak di wajah-wajah mereka.

Karena jabatan adalah amanah, yang akan dimintai pertanggungjawaban bukan cuma di dunia tapi sampai akhirat. Abu Ubaidah bin al-Jarrah (583-639) adalah “penjaga amanah” yang disematkan langsung oleh Rasulullah.

Ia calon kuat pemimpin (khalifah) pasca-Rasulullah. Tetapi, dalam musyawarah pemilihan, ia menolak usulan Umar bin Khattab yang meminta dirinya menjadi khalifah. Abu Ubaidah justru mengusulkan Abu Bakar as-Shiddiq.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar