10 Hari Terakhir Ramadhan, Ini Rukun dan Hal yang Membatalkan Iktikaf

Kompas.com - 15/05/2020, 15:24 WIB
Umat Islam melakukan shalat sunah saat beriktikaf di Masjid Baiturrahmah Padang, Sumatera Barat, Sabtu (25/5/2019) malam. Ratusan jemaah beriktikaf dengan berdiam diri di dalam masjid tersebut yang diisi dengan kegiatan berzikir, membaca Al Quran dan ibadah lainnya pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan menanti malam Lailatul Qadar. ANTARA FOTO/IGGOY EL FITRAUmat Islam melakukan shalat sunah saat beriktikaf di Masjid Baiturrahmah Padang, Sumatera Barat, Sabtu (25/5/2019) malam. Ratusan jemaah beriktikaf dengan berdiam diri di dalam masjid tersebut yang diisi dengan kegiatan berzikir, membaca Al Quran dan ibadah lainnya pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan menanti malam Lailatul Qadar.

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling mulia di antara bulan-bulan lainnya.

Di dalam bulan itu, semua amal ibadah dilipatgandakan, pintu-pintu surga terbuka lebar, pintu-pintu neraka ditutup, dan terdapat malam lailatul qadar yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.

Dengan menghidup-hidupkan bulan Ramadhan, dosa-dosa seseorang akan diampuni, sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis berikut:

"Barangsiapa yang menghidupkan bulan Ramadhan (dengan puasa atau ibadah) dengan iman dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosanya yang telah lalu," (HR Bukhari Muslim).

Baca juga: Simak, Berikut Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Terlebih saat ini telah memasuki sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan yang memiliki keutamaan terbebas dari api neraka.

Pada sepuluh malam terakhir Ramadhan ini juga diyakini menjadi waktu turunnya lailatul qadar, suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena itu, banyak umat Islam yang menghidup-hidupkan sepuluh malam terakhir Ramadhan dengan beragam kegiatan ibadah, salah satunya adalah iktikaf.

Baca juga: Berikut Ciri-ciri Datangnya Malam Lailatul Qadar

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.