Bagaimana Hukum Lansia yang Tidak Puasa di Bulan Ramadhan?

Kompas.com - 02/05/2020, 08:50 WIB
Ilustrasi lansia sedang tersenyum. Dok Garda OtoIlustrasi lansia sedang tersenyum.

KOMPAS.com - Puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat Islam. Kewajiban tersebut telah tertulis dalam Surat Al Baqarah ayat 183:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa."

Puasa juga termasuk dalam rukun Islam yang berarti bahwa keimanan seseorang tidak sempurna tanpa menunaikan kewajiban puasa.

Namun, kewajiban puasa tersebut memiliki catatan, yaitu berlaku bagi orang yang mampu.

Baca juga: Mengapa Kita Harus Berpuasa? Berikut Alasannya Meski di Tengah Pandemi Corona Sekalipun

Dari catatan itu muncul sebuah pertanyaan, Apakah para lansia masuk dalam pengecualian itu dan boleh tidak puasa?

Dilansir dari laman resmi Lembaga Fatwa Mesir, para ahli fikih sepakat bahwa lansia yang mengalami kesulitan untuk menjalankan ibadah puasa, diperbolehkan untuk tidak puasa pada bulan Ramadhan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika ia tidak puasa, maka ada kewajiban untuk mengganti puasanya dengan membayar fidiah, seperti yang termaktub dalam surat Al Baqarah ayat 184:

"...Wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya."

Ibnu Abbas RA dalam riwayatnya mengatakan, yang dimaksud dalam ayat tersebut orang tua laki-laki dan perempuan yang tidak mampu menjalankan ibadah puasa, maka ia harus memberikan makan orang miskin setiap harinya.

Baca juga: Suntik Insulin Saat Bulan Ramadhan, Batalkah Puasanya?

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar