Jadwal Imsakiyah
Kamis, 15 April 2021
  • 04:28Imsak
  • 04:38Subuh
  • 11:56Dzuhur
  • 15:14Asar
  • 17:55Maghrib
  • 19:04Isya

Apakah Makan Sahur Saat Puasa Ramadhan Hukumnya Wajib?

Kompas.com - 25/04/2020, 03:10 WIB
Atur pola makan sahur dan berbuka yang tepat agar tubuh tetap ternutrisi selama puasa. SHUTTERSTOCKAtur pola makan sahur dan berbuka yang tepat agar tubuh tetap ternutrisi selama puasa.

KOMPAS.com - Masyarakat muslim di dunia tak terkecuali di Indonesia, tengah bersuka cita karena datangnya bulan Ramadhan 1441 Hijriah.

Tentu saja, salah satu ibadah yang wajib untuk dilaksanakan adalah berpuasa.

Tak lengkap rasanya menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, namun tidak melaksanakan makan sahur.

Seperti diketahui, makan sahur dilakukan ketika sebelum memasuki waktu subuh tiba.

Baca juga: Mengapa Kita Harus Berpuasa? Berikut Alasannya Meski di Tengah Pandemi Corona Sekalipun

Lantas, apa makan sahur di saat puasa Ramadhan hukumnya wajib?

Tidak wajib atau sunnah

Sejumlah umat Islam melaksanakan shalat tarawih di Masjid Agung Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis (23/4/2020). Meski Pemerintah Kota Tegal telah menerapkan PSBB tahap I dari 23 April hingga 6 Mei, sejumlah jemaah masih melaksanakan shalat tarawih di masjid di tengah pandemi COVID-19.ANTARA FOTO/OKY LUKMANSYAH Sejumlah umat Islam melaksanakan shalat tarawih di Masjid Agung Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis (23/4/2020). Meski Pemerintah Kota Tegal telah menerapkan PSBB tahap I dari 23 April hingga 6 Mei, sejumlah jemaah masih melaksanakan shalat tarawih di masjid di tengah pandemi COVID-19.

Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Dr H Syamsul Hidayat mengatakan, makan sahur hukumnya adalah sunnah atau tidak wajib.

"Bila lupa melakukannya atau bangun terlambat sudah masuk imsak atau subuh, maka puasa sah tanpa sahur," kata Syamsul saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/4/2020).

Namun, ia menyarankan agar setiap muslim yang menjalankan ibadah puasa, untuk tetap melakukan makan sahur.

Hal itu dikarenakan akan lebih sempurna dan barokah seperti yang disampaikan dalam sebuah hadis.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar