Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelataran Permudah dan Percepat Layanan Sertifikat Tanah

Kompas.com - 10/06/2024, 17:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KABUPATEN BANDUNG, KOMPAS.com - Program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran) dinilai dapat membantu mempercepat pelayanan pertanahan di daerah.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai mengunjungi Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Bandung, Minggu (9/6/2024).

“Ini terus kami galakkan. Pelayanan BPN itu harus makin profesional, semakin humanis, tapi juga harus lebih cepat dan mudah. Dengan demikian, masyarakat lebih terlayani dengan baik,” ujar AHY.

Baca juga: Lewat Pelataran, Urus Sertifikat Tanah Bisa Dilakukan Akhir Pekan

Kabupaten Bandung dengan wilayah yang luas, memiliki jumlah kunjungan masyarakat cukup tinggi, ke Kantor Pertanahan wilayah tersebut. Jumlahnya sekitar 3.000-5.000 kunjungan per bulannya.

Dengan demikian, pelayanan akhir minggu itu dinilai dapat membantu mempercepat prosedur pengurusan sertitikat tanah secara signifikan.

Sebab, dibukanya loket pelayanan di akhir pekan dapat memberikan kesempatan kepada warga yang tidak bisa mengurus pendaftaran sertifikat tanah pada saat hari kerja.

“Dengan dibukanya loket-loket di akhir pekan, Sabtu maupun Minggu ini memberikan kesempatan kepada warga yang tidak bisa mengurus tanah di hari-hari kerja, karena memang Senin sampai Jumat ia bekerja," kata AHY.

Ia pun mengimbau masyarakat datang langsung secara pribadi untuk mengurus sertifikat tanah mereka, tanpa melalui perantara, karena prosedurnya yang mudah dengan biaya murah.

Tidak hanya program Pelataran, pihaknya juga berupaya untuk melakukan digitalisasi sertifikasi tanah sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar prosesnya lebih mudah, cepat, transparan, dan akuntabel.

Baca juga: Kini, Pelataran Hadir di 107 Kantor BPN Seluruh Indonesia

AHY menjelaskan, dengan adanya digitalisasi tersebut, sertifikat tanah dibuat menjadi satu lembar elektronik dan dilengkapi dengan barcode berteknologi tinggi yang tidak mudah diduplikasi, digandakan, maupun dipalsukan.

“Sesegera mungkin semua itu bisa alih media (dari fisik menjadi digital) seiring dengan semangat transformasi digital di seluruh layanan publik,” pungkasnya.

Adapun Kabupaten Bandung merupakan salah satu dari 107 Kantor Pertanahan di 33 provinsi yang menjalankan pelayanan di akhir pekan.

Masyarakat bisa mengakses Pelataran pada hari Sabtu-Minggu, pukul 08.00-12.00 waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com