Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/05/2024, 09:50 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah memutuskan untuk memotong gaji pekerja di Indonesia untuk iuran sebagai peserta Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Kebijakan ini berlaku pasca terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2024 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), yang ditetapkan pada 20 Mei 2024.

Iuran Tapera ternyata tak hanya bisa dimanfaatkan para peserta untuk membeli dan membangun rumah baru, namun juga untuk keperluan renovasi rumah melalui program Kredit Renovasi Rumah (KRR).

Baca juga: Di Tengah Polemik Tapera, Ada Usulan Prabowo-Gibran Bentuk Urban Fund

Melalui program ini, para peserta dapat menikmati fasilitas berupa suku bunga 5 persen, cicilan tetap sampai lunas serta tenor maksimal 5 tahun.

Untuk limit kredit yang diberikan maksimal Rp 60 juta (wilayah selain Papua dan Papua Barat) atau Rp 75 juta (khusus Papua dan Papua Barat).


Masyarakat yang bisa menjadi peserta Tapera adalah mereka yang termasuk dalam kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Baca juga: Tambah Beban Buruh, Apindo Tolak Aturan Tapera

Kategori MBR sendiri merupakan kelompok masyarakat yang berpenghasilan kurang dari Rp 8 juta (wilayah selain Papua dan Papua Barat), atau kurang dari Rp 10 juta (khusus Papua dan Papua Barat).

Selain itu, fasilitas dari Tapera ini baru bisa dimanfaatkan jika masa kepesertaan maksimal 12 bulan, belum memiliki rumah untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Bangun Rumah (KBR), serta perbaikan rumah pertama untuk KRR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com