Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lakukan Ini Saat Membersihkan Lantai Vinyl

Kompas.com - 28/05/2024, 09:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai vinyl merupakan salah satu jenis lantai populer saat ini karena tampilannya yang bervariasi serta tahan lama.

Selain memiliki harga yang terjangkau, jenis lantai ini juga tahan lama dan hanya membutuhkan sedikit usaha untuk menjaganya tetap bersih.

Meskipun mudah dibersihkan, sangat penting untuk merawatnya dengan tepat agar tidak menimbulkan kerusakan di kemudian hari.

Sebelum membersihkan lantai vinyl untuk pertama kalinya, bacalah petunjuk dari pabrikan atau produsennya.

Baca juga: Rawat Lantai Vinyl Agar Tetap Awet dengan Trik Ini

Hal ini penting agar Anda mendapatkan panduan tentang bahan dan alat pembersih mana yang direkomendasikan dan apa yang harus dihindari untuk mencegah kerusakan pada lantai.

Jika instruksi dari pabriknya tidak tersedia, berikut beberapa hal penting yang harus Anda hindari saat membersihkan lantai vinyl.

1. Menggunakan air yang berlebihan

Lantai vinyl memang tahan terhadap air tetapi bisa dengan mudah rusak jika diberikan air dalam jumlah yang berlebih.

Paparan air yang terlalu banyak dapat menyebabkan lantai vinyl menggelembung, menggulung, atau melengkung, sehingga menghasilkan lantai tidak rata. 

Lantai vinyl harus dibersihkan dengan kain atau pel yang kering atau lembab. Jangan biarkan air atau cairan pembersih menggenang di lantai.

2. Menggunakan amonia atau pemutih

Bahan pembersih keras seperti amonia dan pemutih serta produk apa pun yang mengandung bahan-bahan ini tidak boleh digunakan untuk membersihkan lantai vinyl.

Baca juga: Seberapa Sering Anda Harus Menyedot Debu di Lantai Rumah?

3. Hindari bahan abrasif

Lantai vinyl tidak sepenuhnya tahan terhadap goresan. Untuk mencegah goresan yang membuat lantai vinyl terlihat kusam dan rusak, jangan gunakan bahan atau alat pembersih yang bersifat abrasif pada lantai.

 

4. Menggunakan pel uap

Saat mengepel lantai vinyl, jangan gunakan air berlebih. Karena itu, penggunaan alat pel uap tidak disarankan karena dapat menyebabkan genangan yang berujung pada kerusakan lantai.

5. Menyedot debu dengan kekuatan tinggi

Penyedot debu harus disetel ke pengaturan lantai yang paling lembut untuk mencegah terjadinya goresan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com