Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah Pilih, Ini Lho Perbedaan Carport dan Garasi

Kompas.com - 28/05/2024, 08:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum membangun rumah, salah satu hal yang wajib dipikirkan adalah tempat untuk memarkirkan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor.

Terdapat dua pilihan tempat parkir kendaraan di rumah, yakni carport dan garasi yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dilansir dari Rainbow Garages, berikut perbedaan carport dan garasi:

Carport

Carport adalah tempat untuk menyimpan kendaraan yang dilengkapi dengan atap, tetapi masih memiliki setidaknya dua sisi terbuka. Karenanya, carport seperti bagian yang terpisah dari rumah.

Harga carport cenderung cukup murah karena Anda dapat membuatnya sendiri. Komponen rumah yang satu ini juga sangat cepat untuk dipasang dan bisa menjadi pilihan jika pemilik rumah tidak berencana untuk menempati properti itu dalam jangka waktu lama.

Meskipun tetap mampu melindungi kendaraan dari guyuran hujan dan terik matahari yang bisa merusak kendaraan, carport tidak mampu memberikan perlindungan 100 persen.

Karenanya, carport bisa dikatakan cenderung kurang serbaguna untuk digunakan. Apalagi, carport juga tidak anti maling karena masih mudah diakses oleh orang asing.

Tidak hanya itu, carport menawarkan sedikit ruang penyimpanan praktis, seperti barang apapun yang tidak boleh ditinggalkan di tempat terbuka.

Carport tidak bisa menambah nilai properti rumah, layaknya garasi. Carport juga memiliki usia pemakaian yang lebih pendek daripada garasi.

Baca juga: Tiga Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Pilih Cat Pintu Garasi

Garasi

Sedangkan garasi adalah struktur bangunan yang sepenuhnya tertutup dan mencakup pintu atau penutup besar.

Karena bentuknya yang sepenuhnya tertutup, garasi mampu mencegah segala sesuatu yang mungkin dilemparkan atau terlempar oleh lingkungan sekitar ke kendaraan Anda.

Bisa dikatakan bahwa garasi menawarkan perlindungan hingga 100 persen terhadap semua elemen kendaraan atau barang yang disimpan.

Selain itu, garasi juga memberikan banyak ruang penyimpanan untuk berbagai macam barang berharga serta jauh lebih baik untuk mencegah terjadinya pencurian.

Terlebih, garasi mampu meningkatkan nilai properti dan dapat diubah menjadi ruangan lain kapan saja jika diperlukan.

Akan tetapi, biaya untuk membuat sebuah garasi tentu lebih mahal dibandingkan dengan carport.

Tidak hanya itu, garasi juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dibangun dan harus melibatkan tenaga ahli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com