Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekarang, Freelancer Bisa Ikut Kepesertaan Tapera, Cek di Sini

Kompas.com - 28/05/2024, 07:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan Peraturan Pemerintah (PP) yang mengikutsertakan peserta mandiri atau freelancer masuk kepesertaan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Aturan ini sebagaimana tertuang dalam PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Perubahan Atas PP Nomor 25 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat atau Tapera.

Dalam aturan itu disebutkan, pekerja mandiri merupakan setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja dengan tidak bergantung pada pemberi kerja untuk mendapatkan penghasilan.

Pada pasal 15 ayat 1 disebutkan, besaran simpanan peserta ditetapkan sebesar 3 persen dari gaji atau upah untuk peserta pekerja dan penghasilan untuk peserta pekerja mandiri.

Lebih lanjut, besaran simpanan peserta sebagaimana dimaksud ayat 1 untuk peserta pekerja ditanggung bersama oleh pemberi kerja sebesar 0,5 persen dan pekerja sebesar 2,5 persen.

Baca juga: Optimalisasi Pelayanan Publik, BP Tapera Gandeng Ombudsman

Dasar perhitungan untuk menentukan perkalian besaran simpanan peserta sebagaimana dimaksud dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pekerja yang menerima gaji atau upah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) diatur oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan dengan berkoordinasi dengan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendayagunaan aparatur negara;
  2. Pekerja/buruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), badanusaha milik desa, dan badan usaha milik swasta diatur oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan;
  3. Pekerja sebagaimana dimaksud dalam pasal 7 huruf j diatur oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan; dan
  4. Pekerja Mandiri diatur oleh BP Tapera

Dasar perhitungan untuk menentukan perkalian besaran simpanan peserta pekerja mandiri sebagaimana yang dimaksud dihitung dari penghasilan yang dilaporkan.

Adapun ketentuan lebih lanjut mengenai dasar perhitungan untuk menentukan perkalian besaran simpanan peserta sebagaimana dimaksud diatur dengan peraturan BP Tapera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com