Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHY Optimistis Bisa Lanjutkan Program-program Hadi Tjahjanto

Kompas.com - 23/02/2024, 06:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) optimistis bisa melanjutkan program-program yang sebelumnya dilaksanakan oleh Hadi Tjahjanto.

Adapun sebelum AHY menjabat sebagai Menteri ATR/Kepala BPN, posisi tersebut diduduki oleh Hadi Tjahjanto.

Lantas, Hadi Tjahjanto dilantik menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) menggantikan Mahfud MD.

"Yang jelas saya ingin meyakinkan target-target pencapaian sesuai dengan kebijakan dan program-program kerja yang selama ini sudah dijalankan oleh Bapak Menteri sebelumnya dan jajaran di tingkat pusat ini," ujar AHY saat ditemui di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Kamis (22/2/2024).

Selain itu, selama 8 bulan masa kepemimpinannya, AHY menyatakan semangat untuk melakukan percepatan penyelesaian isu pertanahan individu, korporasi, hingga komunitas.

"Kami semangatnya adalah melakukan percepatan penuntasan segala isu dan permasalahan, termasuk sengketa-sengketa tanah baik individu, korporasi, dan komunitas," lanjut AHY.

Baca juga: Tugas AHY: Daftarkan Sisa 8 Juta Bidang Tanah

Namun demikian, AHY mengaku dirinya tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut sendirian. Oleh karena itu, AHY ingin menjalin koordinasi antar kementerian dengan mengajak para menteri untuk bertemu.

"Pertama Menko Perekonomian, Pak Airlangga karena Kementerian ATR/BPN ini di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian, saya sudah minta waktunya," ucap AHY.

Selain Airlangga, AHY juga akan bertemu dengan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

"Sesama kolega di wilayah ekonomi, Pak Bahlil juga komunikasi. PUPR juga, hari ini saya akan menyampaikan langsung (kepada Basuki) di Sulawesi Utara (dalam acara peresmian Bendungan Lolak). KLHK juga," tutur AHY.

Tak ketinggalan, dirinya turut berniat melakukan pertemuan dengan pihak Kejaksaan Agung dan Kepolisian.

"Saya ingin mencari waktu sebentar saja, paling tidak kalau ada isu-isu strategis dan teknis yang bisa diselesaikan cepat antara Kementerian ATR/BPN dan kementerian lain," tuntas AHY.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com