Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Diskon PPN Bikin Penjualan Apartemen di Jakarta Naik

Kompas.com - 21/02/2024, 19:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan pemerintah untuk memberikan diskon pajak pertambahan nilai (PPN) atau PPN Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) untuk pembelian hunian ternyata berdampak pada angka penjualan apartemen di Jakarta.

Berdasarkan Jakarta Property Highlight Semester II tahun 2023 yang dirilis oleh Knight Frank Indonesia, kenaikan penjualan apartemen naik hingga 2,2 persen dibanding semester I-2023.

Baca juga: Mengintip Rencana Proyek Apartemen Sinarmas Land di Jakarta Barat

“Unit apartemen yang menerapkan insentif PPN DTP, mengalami peningkatan penjualan sekitar 2,2 persen dibanding semester sebelumnya,” ungkap Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat, Rabu (21/2/2024).

Persentase penjualan apartemen tersebut bahkan lebih tinggi dibanding peningkatan rerata penjualan seluruh unit apartemen siap huni.


Dari total apartemen siap huni yang ada di Jakarta pada semester II-2023, 27 persen di antaranya diperdagangkan dengan subsidi PPN DTP.

Penerapan diskon PPN ini banyak dilakukan oleh pengembang yang menjual unit apartemen pada segmen middle.

Baca juga: Hingga 2027, Jakarta Dipenuhi Enam Apartemen Baru

Seperti diketahui, pada tahun lalu, pemerintah menerapkan subsidi PPN DTP untuk pembelian rumah tapak dan rumah susun dengan harga pembelian maksimal Rp 5 miliar.

Namun, diskon PPN diberikan hanya sampai Dasar Pengenaan Pajak (DPP) Rp 2 miliar. Ini berarti sisa PPN untuk pembayaran Rp 3 miliar tetap ditanggung oleh pembeli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com