Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Bangun Kantor Desa Rancah Rp 2 Miliar Bisa buat Berapa Rumah Subsidi?

Kompas.com - 20/01/2024, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Rancah di Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, membangun kantor desa dengan megah.

Berdiri di atas lahan 1.000 meter persegi, bangunan kantor desa berlantai dua ini mengusung desain bergaya eropa.

Kepala Desa Rancah Dedi Hidayat mengatakan, pembangunan kantor desa dilakukan secara bertahap, dimulai tahun 2020.

Pembangunan kantor desa dimulai pada era kepemimpinan Aman, kepala desa sebelumnya. Sosok tersebutlah yang menggagas pembangunan lantor desa megah seperti saat ini.

"Ini dibangun dari 2020 sampai sekarang, belum 100 persen selesai," kata Dedi saat ditemui di kantornya, Jumat (19/1/2024), dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Gen Z Usia 19-25 Tahun Paling Banyak Serap Bantuan Rumah Subsidi FLPP

Pembangunan Kantor Desa Rancah diperkirakan menghabiskan biaya Rp 1 miliar-Rp 2 miliar. Namun sumber biayanya tidak diambil dari dana desa.

"Biaya pembangunan kantor dari pendapatan asli desa," tukasnya.

Rp 2 Miliar Bisa Buat Beli Berapa Rumah Subsidi?

Biaya pembangunan kantor desa yang mencapai Rp 2 miliar bisa dibilang sangatlah fantastis.

Andai saja dana sebesar itu dipergunakan untuk hal lain yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Misalnya saja untuk memenuhi kebutuhan rumah rakyat.

Rumah rakyat yang dimaksud bisa merujuk pada rumah subsidi. Rumah yang harga jualnya telah diatur oleh pemerintah.

Hal itu berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 689/KPTS/M/2023 tentang Batasan Luas Tanah, Luas Lantai, dan Batasan Harga Jual Rumah Umum Tapak Dalam Pelaksanaan Kredit/Pembiayaan Perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan, serta Besaran Subsidi Bantuan Uang Muka Perumahan.

Baca juga: Seputar Rumah Subsidi, Spesifikasi, Harga, hingga Aturan Mainnya

Merujuk beleid tersebut, harga rumah subsidi tahun 2024 di Jawa (kecuali Jabodetabek) dan Sumatera (kecuali Kep. Riau, Bangka Belitung, Kep. Mentawai) sebesar Rp 166.000.000.

Besaran harga rumah subsidi itu tentu berlaku di Kabupaten Ciamis yang termasuk dalam wilayah Jawa dan bukan bagian dari Jabodetabek.

Berdasarkan patokan harga tersebut, biaya pembangunan Kantor Desa Rancah sebesar Rp 2 miliar bisa mencukupi untuk membeli 12 unit rumah subsidi.

 

(Sumber Kompas.com - Penulis: Candra Nugraha | Editor: David Oliver Purba)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Megahnya Kantor Desa Rancah Ciamis, Bergaya Eropa, Habiskan Biaya Rp 2 M".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com