Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2024, Pansela Bantul-Kulonprogo Bakal Terhubung Pandansimo

Kompas.com - 26/12/2023, 14:03 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -Kabupaten Bantul, di Yogyakarta akan segera memiliki jembatan ikonik baru pada akhir tahun 2024 mendatang.

Seperti dikutip dari laman Instagram Kementerian PUPR, disebutkan pembangunan jembatan yang akan diberi nama Jembatan Pandansimo tersebut akan dimulai tahun depan.

Jembatan ini akan menjadi prasarana untuk memperlancar mobilitas dan memperkuat konektivitas antara Jalur Pansela Bantul dengan Kulonprogo.

Baca juga: Telan Rp 728 Miliar, 16 Jembatan Callender Hamilton di Jabar Beres Diganti

Rencananya Jembatan Pandansimo akan dibangun sepanjang kurang lebih 1.900 meter dan terdiri dari jalan pendekat sepanjang 625 meter, slab on pile sepanjang 690 meter dan jembatan utama dengan bentang 675 meter.

Tampilan desain Jembatan Pandansimo yang akan dibangun di Bantul, YogyakartaKementerian PUPR Tampilan desain Jembatan Pandansimo yang akan dibangun di Bantul, Yogyakarta
Nantinya jembatan sudah dilengkapi dengan teknologi Lead Rubber Bearing (LRB) yang bisa meredam gempa.

Jembatan ini juga dirancang ramah bagi para pejalan kaki. Mereka yang menikmati pemandangan Sungai Progo dapat berjalan di jalur pedestrian yang ada di sisi kanan dan kiri jembatan.

Baca juga: 9 Jembatan Callender Hamilton di Jatim Beres Diganti, Telan Rp 582 Miliar

Jembatan Pandansimo diharapkan bisa menjadi ikon inovasi dan eksplorasi potensi pariwisata kawasan Pantai Selatan di Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com