Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Rumah Garapan Citra Swarna Group Dapat Diskon Harga 11 Persen

Kompas.com - 14/12/2023, 20:13 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Citra Swarna Group (CSG) bakal memberikan potongan harga 11 persen untuk pembelian rumah di seluruh proyek besutannya.

Hal itu seiring dengan berlakunya insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) 100 persen.

Direktur Sales & Marketing CSG Hengky Japri menjelaskan, untuk memperoleh insentif tersebut, rumah tapak atau rumah susun (rusun) harus memenuhi beberapa persyaratan.

Pertama, harga jual hunian paling tinggi Rp 5 miliar. Kemudian, merupakan PPN terutang pada periode November 2023-Desember 2024.

Lalu, insentif diberikan sepanjang penyerahan fisik rumah, yang dibuktikan dengan Berita Acara Serah Terima (BAST), terjadi paling lambat 31 Desember 2024.

Baca juga: Adhi City Tawarkan Rumah Bebas PPN

PPN DTP dapat dimanfaatkan untuk satu orang atas pembelian satu unit rumah tapak atau satu unit rusun sepanjang tidak ada pembayaran uang muka atau cicilan sebelum 1 September 2023.

Kemudian, hunian dengan harga jual paling tinggi Rp 5 miliar memperoleh PPN DTP paling banyak atas harga jual sampai dengan Rp 2 miliar.

PPN DTP 100 persen diberikan jika serah terima rumah siap huni yang dibuktikan dengan BAST dilakukan selama periode November 2023-Juni 2024.

Sementara PPN DTP diberikan 50 persen apabila BAST dilakukan pada periode Juli 2024-Desember 2024.

Sehingga mengacu pada ketentuan tersebut, CSG memungkinkan untuk dapat memanfaatkan fasilitas PPN DTP 100 persen.

"Karenanya, setiap konsumen yang membeli rumah di semua proyek hunian yang kita kembangkan dijamin dapat diskon hingga 11 persen sesuai persentase PPN yang ditanggung oleh pemerintah," jelas Hengky dalam keterangan tertulis, Kamis (14/12/2023).

Menurut dia, perusahaan memandang insentif dari pemerintah itu sangat positif bagi para developer di Indonesia, khususnya CSG yang membidik target segmentasi konsumen kelas menengah.

"Karenanya, perusahaan memberlakukan insentif bebas PPN untuk semua proyek yang dikembangkan, yakni Kartika Residence dan Citra Swarna Grande di Karawang, Citra Swarna Tembong City di Kota Serang, serta Citra Swarna Riverside dan Dharmawangsa Hills di Bogor," pungkasnya.

Baca juga: Pancakarya Griyatama Siapkan 200 Unit Stok Apartemen Bebas PPN

Sesuai ketentuan, PPN DTP ini hanya bisa dimanfaatkan untuk setiap satu orang pribadi atas perolehan satu unit rumah tapak atau satu unit rusun.

Untuk orang pribadi yang telah memanfaatkan fasilitas PPN DTP atas penyerahan rumah sebelum berlakunya peraturan ini, tetap dapat memanfaatkannya.

Orang pribadi yang dimaksud adalah warga negara Indonesia yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Nomor Identitas Kependudukan (NIK).

Tak hanya itu, Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sepanjang memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai kepemilikan rumah tapak atau rusun bagi WNA juga bisa mendapatkan insentif ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com