Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Capai 44 Meter, Begini Tampilan Bangunan Kayu Tertinggi di Jepang

Kompas.com - 09/06/2023, 18:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bangunan kayu tertinggi di Jepang akhirnya rampung dikerjakan setelah dibangun dalam kurun waktu dua tahun lamanya.

Seperti dikutip dari laman Japan Property Central, gedung tersebut bernama Port Plus dan berlokasi di daerah Yokohama. Konstruksi bangunan telah selesai dikerjakan sejak Maret 2023.

Port Plus sendiri merupakan gedung perkantoran dan hotel setinggi 44 meter dibangun oleh Obayashi Corporation. Secara total, gedung ini memiliki 11 lantai.

Baca juga: Dilarang Mengepel Lantai Kayu dengan Air Panas, Ini Alasannya!

Semua tiang dan pondasi bangunan terdiri dari tiga lapis kayu. Bangunan ini juga dirancang bisa tahan terhadap gempa sebesar 7 shindo (skala gempa terkuat menurut Badan Meteorologi Jepang).

Spesialnya, kayu yang digunakan untuk membangun Port Plus juga dilapisi dengan lapisan tahan air dan api.

Bangunan kayu sendiri merupakan salah satu solusi untuk lingkungan yang lebih baik, di mana jumlah emisinya lebih rendah dari bangunan beton.

 

Pembangunan gedung ini diklaim hanya menghasilkan emisi karbon seperempat dari total emisi karbon yang dihasilkan seandainya bangunan tersebut dibangun dengan beton bertulang standar.

Sekitar 72 pesen kayu yang digunakan dalam konstruksi berasal dari dalam negeri, sedangkan 26 persen sisanya diimpor dari Rusia.

Baca juga: Mengapa Anda Harus Memilih Keramik Motif Kayu sebagai Penutup Lantai Rumah?

Proyek ini berbeda dari bangunan rangka kayu dan baja hibrida yang bermunculan di seluruh Jepang dalam beberapa tahun terakhir.

Berbeda dengan bangunan hybrid, bangunan ini sepenuhnya mengandalkan kayu untuk komponen strukturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com