Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Hutama Karya soal Lahan Warga di Indralaya yang Belum Dibayar Lunas

Kompas.com - 09/06/2023, 08:23 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) memberikan tanggapan mengenai adanya transaksi lahan warga di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), yang belum dilunasi pembayarannya.

EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo menyampaikan, bahwa perusahaan memang telah melakukan transaksi atas lahan di Indralaya dengan Keluarga Alm. H. Asnawi Mangku Alam.

"Saat ini perusahaan tengah melakukan negosiasi dan pembahasan opsi-opsi untuk penyelesaian transaksi tersebut dengan tetap memperhatikan hasil audit BPKP dan penerapan Good Corporate Governance," tukasnya kepada Kompas.com, Jumat (09/06/2023).

Baca juga: Hampir 4 Tahun, Lahan Warga Dekat Tol Palindra yang Dibeli HK Belum Lunas Dibayar

Kendati demikian, dia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai opsi penyelesaian transaksi maupun hasil audit BPKP yang disebutkan.

Sebelumnya diberitakan, Hutama Karya disebut belum melunasi pembayaran atas pembelian lahan milik keluarga besar Alm. H. Asnawi Mangku Alam.

Lahan dengan luas sekitar 182 hektar itu berada di Indralaya, tepatnya samping kanan dan kiri Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra).

"Tanah kita dibelah oleh Tol Palembang-Indralaya, tol sudah jadi. Mungkin PT HK ingin membangun prasarana dan sarana pendukung, karena Indralaya merupakan kota yang mulai berkembang," ujar Teffy Mayne Asmaruddin, perwakilan dari keluarga besar Alm. H. Asnawi Mangku Alam dihubungi Kompas.com, pada Kamis (08/06/2023).

Dia menceritakan, mulanya pada tahun 2018, Hutama Karya menyampaikan minat untuk membeli lahan milik keluarga besar Alm. H. Asnawi Mangku Alam.

Kemudian setelah ada persetujuan, Hutama Karya melakukan appraisal, riset, dan sejenisnya, hingga memasuki tahun 2019.

Akhirnya pada tahun tersebut pula berlangsung pembuatan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) antara keluarga besar Alm. H. Asnawi Mangku Alam dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan notaris yang ditunjuk oleh Hutama Karya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com