Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalin Kendaraan Menuju Puncak Selama Libur Panjang Naik 27,6 Persen

Kompas.com - 02/06/2023, 18:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalu lintas (lalin) kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak tercatat meningkat 27,6 persen selama libur panjang Hari Lahir Pancasila dan Hari Raya Waisak 2023 atau 31 Mei 2023-1 Juni 2023.

Berdasarkan data dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui Gerbang Tol (GT) Ciawi Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) sebanyak 80.216 kendaraan.

Pada periode yang sama, lalin kendaraan meninggalkan Jabotaek menuju arah Tol Trans-Jawa melalui GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek (Japek) ada sebanyak 76.048 kendaraan atau naik 37,2 persen dari kondisi normal.

Kemudian lalin menuju Bandung lewat GT Kalihurip Utama Tol Cikampek–Purwakarta–Padalarang (Cipularang) ada sejumlah 88.865 kendaraan, naik sebesar 58,2 persen dari lalin normal.

Selanjutnya lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebanyak 90.265 kendaraan, lebih rendah 3,9 persen dari lalin normal.

Baca juga: Penerapan Sistem MLFF Mundur, Apa Dampaknya Terhadap Investasi Jalan Tol?

Secara keseluruhan, Jasa Marga mencatat total kendaraan yang meninggalkan Jabotabek pada periode tersebut dari empat GT utama mencapai 335.394 kendaraan.

Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 25 persen jika dibandingkan lalin normal.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com