Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 KA Baru Diluncurkan, Ada Tarif Promo Mulai dari Rp 20.000

Kompas.com - 02/06/2023, 07:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menawarkan tarif promo dengan jumlah terbatas atas peluncuran lima kereta api (KA) baru secara serentak pada 1 Juni 2023.

"Tarif promo ini berlangsung pada bulan Juni 2023," tegas Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dikutip dari laman KAI, Kamis (1/6/2023).

Untuk KA Pandalungan diberlakukan tarif seharga Rp 300.000, KA Argo Semeru seharga Rp 250.000, KA Argo Merbabu Rp 200.000, KA Manahan seharga Rp 200.000, serta KA Banyubiru kelas eksekutif Rp 30.000 dan kelas ekonomi Rp 20.000.

Rinciannya, peluncuran KA Argo Merbabu relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Gambir pulang pergi (pp) dan KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Solo Balapan pp diresmikan di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.

Baca juga: KAI Luncurkan Lima Kereta Api Baru, Berikut Relasi dan Spesifikasinya

Lalu, peluncuran KA Manahan relasi Solo Balapan-Gambir pp diresmikan di Stasiun Solo Balapan, KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir pp diresmikan di Stasiun Surabaya Gubeng, dan KA Pandalungan relasi Jember-Gambir pp diresmikan di Stasiun Jember.

Dia menjelaskan, peluncuran lima kereta api baru ini merupakan implementasi peningkatan pelayanan KAI seiring dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2023 terhitung berlaku mulai 1 Juni 2023.

Banyak KA yang mengalami percepatan waktu tempuh dan perubahan jadwal keberangkatan.

Di samping itu, hadirnya lima KA baru ini juga merupakan wujud dari komitmen KAI yang adaptif dalam memenuhi permintaan pelanggan dan terus melakukan inovasi untuk peningkatan layanan transportasi berbasis rel.

“Semoga dengan adanya launching 5 KA baru ini dapat membawa manfaat dan pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah yang dilalui KA sekaligus meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan transportasi yang aman, nyaman, dan sehat,” sambung Didiek.

Didiek menambahkan, KAI terus melakukan adaptasi dan memberikan solusi-solusi melalui kolaborasi dengan berbagai pihak.

Perwujudan ketepatan waktu perjalanan KA tidak bisa tercapai tanpa dukungan pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang terus membangun prasarana yang lebih baik lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com