Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Hakaaston Bidik Produk Turunan Rp 40 Miliar

Kompas.com - 01/06/2023, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hakaaston atau HKA membidik target penjualan produk turunan sebesar Rp 40 miliar atau naik 200 persen ketimbang dari tahun lalu.

"Kami optimis permintaan produk tersebut masih tinggi, khususnya dalam penjualan secara ritel," terang Direktur Teknik dan Operasi HKA Martin Nababan dalam rilis, Kamis (1/6/2023).

Dengan adanya produk tersebut, masyarakat diharapkan mampu mendapatkan kemudahan khususnya dalam pemeliharaan infrastruktur.

Martin mengungkapkan, diversifikasi produk yang telah dilakukan sejak tahun 2020 tersebut kini terus ditingkatkan.

Baca juga: Hakaaston Maksimalkan Produk Turunan untuk Konstruksi Proyek Tol

Salah satu produk terbaru yang HKA buat adalah anti-fungal. Produk ini berfungsi untuk memelihara permukaan material yang terekspos agar tidak ditumbuhi tanaman parasit seperti jamur pada material seperti barrier, ubin beton, batu alam, dan lain-lain.

HKA juga terus melakukan inovasi dengan mengembangkan self-healing asphalt yang berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi di Indonesia.

Sejauh ini, HKA tengah memaksimalkan produksi dari produk turunannya karena mendapatkan permintaan yang sangat tinggi.

Produk turunan yang diproduksi antara lain Aditif Beton, Grouting dan Nano-Grout, Hakapatch, Hakasoil, Hakabase, dan Anti-fungal.

”Salah satu produk turunan HKA yang paling banyak digunakan dalam industri beton adalah aditif beton dan hakafast, kedua campuran zat kimia tersebut memiliki fungsi dan keunggulan masing-masing," ucap dia.

Hal ini dilakukan sebagai bahan peningkat mutu beton, memperpanjang umur beton, serta dapat mengatur waktu pengikatan beton sesuai kebutuhan di lapangan.

HKI yang merupakan kontraktor utama pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) juga kerap menggunakan produk turunan milik HKA lainnya yakni hakasoil dan hakabase.

Sebagai contoh, untuk pekerjaan pemeliharaan ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang-Kayu Agung yang menggunakan 52,5 ton hakasoil untuk perbaikan struktur tanah dan pondasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com