Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, 75.277 Kendaraan Lintasi Tol Trans-Jawa dan Bandung

Kompas.com - 01/06/2023, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah 75.277 kendaraan tercatat meninggalkan Jabotabek menuju arah Tol Trans-Jawa dan Bandung pada libur panjang Hari Lahir Pancasila dan Hari Raya Waisak 2023 atau pada Rabu (31/5/2023).

Jumlah tersebut meningkat 38,3 persen dari lalu lintas normal. Ini juga merupakan akumulasi dari jumlah kendaraan menuju arah Trans-Jawa dan Bandung.

Rinciannya, sebanyak 36.661 kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju arah Tol Trans-Jawa melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek (Japek), naik 34 persen dari lalu lintas normal.

Kemudian kendaraan dari Jabotabek menuju arah Bandung lewat GT Kalihurip Utama Tol Cikampek–Purwakarta–Padalarang (Cipularang) ada sebanyak 38.616 kendaraan, naik sebesar 42,8 persen dari lalu lintas normal.

Selanjutnya lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebanyak 54.755 kendaraan, naik sebesar 17,1 persen dari lalu lintas normal.

Sementara jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) sebanyak 38.343 kendaraan, naik sebesar 24,2 persen dari lalu lintas normal.

Baca juga: Basuki Bakal Bikin Jalan Tol IKN Rindang

Terhitung dari empat GT utama tersebut, total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek naik 27,5 persen dibandingkan lalu lintas normal.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com