Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Nasional, Jumlah Penumpang Kereta dari Jakarta Melonjak

Kompas.com - 01/06/2023, 11:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah orang meninggalkan Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta melonjak dua kali lipat menjelang libur nasional dan akhir pekan.

Berdasarkan informasi dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, jumlah tiket yang dipesan untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen pada Rabu (31/5/2023) dan Kamis (1/6/2023) mencapai 28.500 per hari.

Sementara rata-rata jumlah tiket yang dipesan pada waktu normal hanya ada sekitar 14.000 penumpang per hari.

Seluruh pengguna jasa yang akan berangkat dari Daop 1 Jakarta diimbau memerhatikan kembali jadwal keberangkatannya, mengingat Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru akan diberlakukan di seluruh Indonesia mulai 1 Juni 2023.

Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan secara grafis untuk menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan.

Terdapat beberapa perubahan dari Gapeka sebelumnya, di antaranya waktu tempuh yang semakin singkat, penambahan jumlah perjalanan kereta api dan layanan naik.

Kemudian penumpang sejumlah kereta api sudah bisa menggunakan Stasiun Jatinegara sebagai stasiun alternatif keberangkatan.

Baca juga: Pemda Papua Ingn Punya Kereta Api seperti di Sumatera Selatan

Contoh perubahan jadwal ada di KA Gumarang relasi Stasiun Pasar Senen-Stasiun Surabaya Pasarturi yang semula berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 15.50 WIB, mulai 1 Juni 2023nanti akan berangkat pada pukul 20.45 WIB.

Para pelanggan yang tiba di stasiun keberangkatan agar selalu memerhatikan pengumuman dari petugas.

Gapeka 2023 juga memberikan percepatan waktu tempuh perjalanan kereta api jarak jauh sebesar total 2.512 menit per hari.

Rinciannya, efisiensi 880 menit untuk KA Argo, 585 menit pada KA Eksekutif, 648 pada KA Eksekutif Campuran, dan 399 menit pada KA Ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com