Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Semarang Segera Punya Kawasan Mixed Use Komersial

Kompas.com - 29/05/2023, 17:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kabar gembira bagi masyarakat Kota Semarang, Jawa Tengah. Sebentar lagi, di kota yang dijuluki Kota Lumpia ini akan punya kawasan Mixed Use komersial baru.

Pengembangan kawasan Mixed Use tersebut merupakan kerjasama antara PT Indonesian Paradise Properti Tbk (Paradise Indonesia), PT Swarna Kanaka Parigraha (Bina Nusantara) dan PT Indo Permata Usahatama (IPU Land).

Rencananya, mixed use komersial ini akan dibangun di kawasan Pearl Of Java (POJ), yakni kawasan one stop living yang dikelola oleh IPU Land.

Baca juga: Konsep Mixed-use Makin Popular, Apartemen SQ Rés Terjual 65 Persen

Penandatanganan kerjasama pun berlangsung pada pertengahan bulan Maret 2023 lalu dan dihadiri oleh Presiden Direktur PT Indonesian Paradise Property Tbk. Anthony Prabowo Susilo, Perwakilan Direksi Bina Nusantara Francis Budiraharja Santoso serta Direksi POJ, Setia Dharma Loka.

Kerjasama antara ketiga pihak ini dilakukan untuk mengoptimalkan berbagai strategi dan rencana bisnis serta mendorong kinerja pencapaian pengembangan bisnis semua pihak demi mengembangkan performa perusahaan di masa depan.

Presiden Direktur Paradise Indonesia, Anthony Prabowo Susilo mengatakan pihaknya sangat menyambut positif kerjasama ini.

 

“Kami bersama Bina Nusantara akan berkolaborasi mengoptimalkan kompetensi kami secara kreatif untuk menciptakan satu kawasan komersial yang terintegrasi, untuk masyarakat Kota Semarang khususnya, dan masyarakat kota lainnya di sekitarnya,” ujar Anthony. 

PT Pop Properti Indonesia (Cornerstone) sebagai entitas anak Paradise Indonesia rencananya akan turut berperan aktif dalam pengembangan kawasan tersebut.

Apalagi Cornerstone sebelumnya sukses mengelola retail di beberapa mal seperti Beachwalk Shopping Center di Bali, 23 Paskal Shopping Center di Bandung, dan fX Sudirman di Jakarta.

Dalam masa pandemi lalu, Cornerstone juga berhasil merespon kebutuhan masyarakat dengan menghadirkan aplikasi virtual “Mall To Go”.

Pelanggan dapat berbelanja kapan saja dan dimana saja dengan mudah tanpa harus mengunjungi mal yang dikelola oleh Cornerstone.

Baca juga: Menhub Minta Jalan Tol dari Jakarta ke Semarang Bisa Punya Tiga Lajur

Harapannya, aplikasi Mall To Go  juga dapat dimanfaatkan masyarakat Semarang, demi menyesuaikan tren dan lifestyle  serta menambah moda pilihan berbelanja masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya.

Pengembangan kawasan Pearl of Java diharapkan bisa mendukung agenda Pemerintah Daerah untuk meningkatkan minat para pelaku bisnis yang hendak berinvestasi. 

Keberadaan pengembangan Mixed Use Komersial ini diharapkan dapat menjadi sebuah destinasi ikonik baru di Semarang khususnya di kawasan Pantai Marina.

Sebelumnya, Paradise Indonesia sudah pernah bekerja sama untuk pengembangan Mixed Use komersial yakni di 23 Paskal Shopping Center di kawasan Pasirkaliki, Bandung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com