Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu ke Bandara Soekarno-Hatta, Warga Bakal Bisa "Check-in" di Stasiun

Kompas.com - 29/05/2023, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tengah mengupayakan peningkatan layanan kereta api dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Salah satunya dengan menyediakan counter check-in dan bagasi di stasiun kereta api. Sehingga, memudahkan masyarakat yang akan menuju bandara maupun sebaliknya.

Dia beralasan, setiap orang yang akan ke bandara atau sebaliknya pasti membawa barang.

"Kami akan pikirkan bagaimana check-in itu tidak perlu di bandara tetapi bisa di Stasiun Manggarai atau Bekasi. Begitupun sebaliknya dari bandara, bisa ambil barangnya di stasiun tujuan. Kemudahan-kemudahan ini yang akan kami upayakan,” tutur Budi dilansir dari laman Kemenhub, Senin (29/5/2023).

Upaya lainnya yang akan dilakukan yaitu menambah jumlah kereta api dari 40 trainset menjadi 56 trainset. Jadi, akan meningkatkan kapasitas angkutnya.

Kemudian, menambah rute perjalanan kereta api dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta sampai ke Stasiun Bekasi, dengan rute Bekasi, Jatinegara, Pasar Senen, Kampung Bandan, Duri, hingga Stasiun Bandara Soetta dan sebaliknya.

Baca juga: Menhub Minta Jalan Tol dari Jakarta ke Semarang Bisa Punya Tiga Lajur

Integrasi dapat dilakukan termasuk menjangkau hingga ke Stasiun Bekasi, karena KA bandara saat ini dikelola oleh KAI Commuter sehingga bisa diselaraskan dengan jadwal KRL.

Upaya selanjutnya yaitu, memaksimalkan fasilitas-fasilitas yang ada di stasiun di Jabodetabek seperti fasilitas park and ride.

“Penambahan fasilitas ini bisa dilakukan dengan cara bekerjasama dengan pihak swasta,” terang dia.

Upaya-upaya tersebut dismapaikan Budi kala menggelar rapat demi peningkatan layanan angkutan massal dari dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Minggu (28/5/2023).

Adapun sebelum rapat, Menhub bersama Pj Gubernur dan beberapa pejabat terkait menggunakan kereta bandara dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Kemudian, kembali dari Bandara Soetta menggunakan kereta inspeksi menuju Stasiun Sudirman Baru (BNI City) dan menggelar rapat koordinasi yang dihadiri sejumlah pejabat terkait.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com