Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/05/2023, 14:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang diberlakukannya Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2023 mulai 1 Juni mendatang, Daop 2 Bandung melakukan pemeriksaan lintas (inspeksi) mulai dari Stasiun Bandung sampai dengan Stasiun Banjar, Kamis (25/5/2023).

Hal ini dilakukan guna memastikan kesiapan seluruh lintas saat diberlakukannya Gapeka 2023.

Serupa dengan persiapan saat Angkutan Lebaran maupun Angkutan Natal dan Tahun Baru, fokus inspeksi kali ini meliputi kesiapan sarana dan prasarana, fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia (SDM), serta aspek penunjang lainnya.

Pada kegiatan inspeksi tersebut, jajaran manajemen Daop 2 juga menyampaikan pembinaan kepada seluruh pekerja di lintas agar selalu waspada.

Selain itu, menyiapkan dengan sebaik mungkin segala aspek terkait operasional Kereta Api (KA) serta pendukungnya terutama pada saat masa peralihan dari Gapeka 2021 menjadi Gapeka 2023.

EVP Daop 2 Bandung Takdir Santoso mengatakan, pemberlakuan Gapeka 2023 berdampak pada efisiensi waktu tempuh perjalanan KA.

Sehingga, jadwal keberangkatan dan kedatangan KA juga ikut mengalami perubahan.

Baca juga: Gapeka 2023 Berlaku 1 Juni, KAI Imbau Penumpang Cek Jadwal Keberangkatan

"Perubahan ini yang harus dipersiapkam dan diantisipasi dengan baik oleh seluruh insan KAI Daop 2 Bandung," kata dia dikutip dari laman PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, Senin (29/5/2023).

Pada Gapeka 2023, terdapat efisiensi waktu tempuh perjalanan KA Jarak Jauh keberangkatan wilayah Daop 2 Bandung sebesar total 214 menit per hari.

Rinciannya, efisiensi 40 menit pada KA Argo, 38 menit pada KA Eksekutif, 74 menit pada KA Eksekutif Campuran, dan 62 menit pada KA Ekonomi.

Gapeka sendiri merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Pemberlakuan Gapeka 2023 ini selain berpengaruh pada efisiensi waktu perjalanan KA juga menyebabkan perubahan jadwal keberangkatan, stasiun pemberhentian, dan penomoran KA pada sebagian besar KA baik itu KA Jarak Jauh maupun KA Lokal yang beroperasi di wilayah Daop 2 Bandung.

"Dengan adanya perubahan jadwal keberangkatan KA sesuai Gapeka 2023, kami mengimbau para pelanggan agar memperhatikan dan memastikan kembali jadwal perjalanan pada saat akan melakukan pemesanan maupun pembelian tiket," tutup Takdir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com