Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Tarif Tol Bakter Naik Mulai 25 Mei

Kompas.com - 23/05/2023, 22:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) segera memberlakukan tarif baru pada Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) sepanjang 140 km, mulai 25 Mei 2023 pukul 00.00 WIB.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro menyampaikan, setelah dilakukannya pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM), pihaknya akan melakukan penyesuaian tarif sesuai regulasi.

"Terkait besaran tarifnya akan kami infokan lebih lanjut saat SK tarif baru telah dikeluarkan oleh Menteri PUPR," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (23/05/2023).

Baca juga: Sebentar Lagi, Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Bakal Naik

Menurut dia, penyesuaian tarif ini dilakukan untuk menciptakan iklim investasi jalan tol agar tetap kondusif yang berdampak pada keberlanjutan jalan tol ini.

Selain itu, mengingat Tol Bakter merupakan tol yang cukup panjang, yakni mencapai 140 km, sehingga biaya pemeliharaan dari tahun ke tahun pun semakin bertambah.

"Kami juga melengkapi banyak fasilitas dalam mengoptimalisasi pengoperasian Tol Bakter sehingga penyesuaian tarif ini juga telah dibarengi dengan peningkatan layanan yang ada," tandasnya.

Dalam proses penyesuaian tarif baru ini, Hutama Karya juga telah menerima banyak masukan dari Pemerintah Pusat dan Daerah maupun Key Opinion Leader (KOL) terkait melalui Focus Group Discussion (FGD) Internal Virtual Terbatas Sosialisasi Penyesuaian Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah dilaksanakan pada 3 Mei lalu.

"Perlu diingat bahwa penyesuaian tarif ini baru dilakukan di Tol Bakter, sehingga masyarakat yang melintas dari GT Terbanggi Besar hingga GT Kayu Agung masih menggunakan tarif normal yang ada di Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung," terangnya.

Kendati akan diberlakukan tarif baru pada 25 Mei, secara bersamaan Hutama karya juga memberikan diskon tarif baru hingga 20% di seluruh gerbang tol di ruas Tol Bakter.

"Kami harapkan pengguna jalan tol dapat memanfaatkan dan menikmati diskon tarif yang diberikan," tutup Koentjoro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com