Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Qubah Timah di Pangkalpinang Gunakan Plat Enamel

Kompas.com - 21/05/2023, 14:33 WIB
Heru Dahnur ,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BANGKA, KOMPAS.com - Pembangunan Masjid Agung Qubah Timah di Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, telah berjalan 54 persen.

Masjid ikonik ini menggunakan struktur utama rangka besi yang ditutupi panel plat steel enamelEnamel sendiri dikenal juga sebagai teflon yang biasa digunakan sebagai material peralatan dapur.

Material ini berasal dari serbuk kaca yang dipanaskan kemudian dicetak pada plat dengan berbagai ukuran dan desain.

Sekretaris Daerah Pangkalpinang Mie Go mengatakan, masjid agung qubah timah bakal menampung sebanyak 2.000 jemaah.

Masjid ini ditargetkan selesai pengerjaannya pada September 2023.

Baca juga: Wali Kota Pangkalpinang Minta Dukungan untuk Bangun Masjid Qubah Timah

"Saya berharap dengan DMI dan MUI agar bisa menyampaikan hal-hal penting terkait tempat imam, khatib dan wudhu, agar dapat sesuai dengan kaidah hukum Islam, dan mohon dukungan kita semua agar masjid dapat segera dimanfaatkan," kata Mie Go saat peninjauan, Minggu (21/5/2023).

Pada tahap awal ada tiga bangunan utama yang sedang dibangun. Bangunan berbentuk kubah tersebut terdiri dari ukuran paling besar 32 meter, kemudian 20 meter dan 18 meter.

Masjid Agung Qubah Timah di Pangkalpinang dengan struktur utama rangka besi yang ditutupi plat enamel, Minggu (21/5/2023).KOMPAS.com/HERU DAHNUR Masjid Agung Qubah Timah di Pangkalpinang dengan struktur utama rangka besi yang ditutupi plat enamel, Minggu (21/5/2023).
Enamel digunakan sebagai penutup rangka bangunan karena dinilai praktis, tahan gores dan mudah dibersihkan.

Khusus untuk pemasangan plat enamel, ditargetkan selesai dalam beberapa minggu ke depan.

Sebelumnya pembangunan sempat tersendat karena proses pengiriman enamel yang cukup jauh, yakni dari Sidoarjo, Jawa Timur.

Ketua Majelis Pakar Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pangkalpinang Iskandar mengapresiasi pembangunan masjid yang terus berjalan. Ia menilai masjid terlihat luas dengan desain yang elegan dan modern.

"Saya berharap nantinya mimbar pun bisa portabel, setelah digunakan bisa disimpan khusus, juga tempat-tempat meletakkan Al-Quran pun sama. Mudah-mudahan masjid agung kubah timah ini segera bisa dimanfaatkan," ujar dia.

Pemkot Pangkalpinang merencanakan alokasi anggaran hingga Rp 64 miliar dengan sistem tahun jamak atau multi years. Anggaran tersebut mencakup seluruh bidang dan landscape termasuk taman dengan lima gedung kubah di dalamnya.

Untuk belanja tahap awal periode 2022-2023 telah dialokasikan anggaran sebesar Rp 35 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com